Apa itu Sosiologi?

sosiologi

Pikirkan tentang pertanyaan utama tentang dunia sosial kita.

Apakah pria dan wanita benar-benar berbeda?
Mengapa ada masalah seperti rasisme?
Apa yang memotivasi orang untuk memiliki status sosial dan kehormatan?

Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting bagi kehidupan sebagai manusia, dan hal-hal tersebut dipelajari dalam bidang ilmu sosiologi.

Pengertian Sosiologi

Definisi umum sosiologi adalah studi sistematis masyarakat manusia, budaya, dan hubungan pada tingkat kelompok.

Salah satu cara untuk mengkaji sosiologi adalah dengan membandingkannya dengan bidang yang berbeda tetapi serupa.

Sebagai contoh, psikologi sosial membahas pertanyaan yang sama dengan sosiologi tetapi menggunakan metodologi penelitian yang berbeda dan mempelajari orang-orang pada tingkat individu alih-alih tingkat kelompok.

Sementara sosiologi mempelajari pola-pola kelompok, seperti mengapa satu budaya mengijinkan memiliki banyak istri sementara budaya lain tidak.

Psikologi sosial akan mempelajari bagaimana perasaan individu dalam pernikahan dengan pasangan mereka.

Jadi pada dasarnya sosiologi melihat ‘gambaran besar’ di tingkat kelompok, sementara psikologi sosial mempelajari sikap atau perasaan masing-masing orang.

Bidang lain yang serupa adalah antropologi. Antropologi juga meneliti masyarakat manusia seperti halnya sosiologi, tetapi antropologi lebih berfokus pada bagaimana masyarakat telah berubah dari waktu ke waktu.

Ini termasuk sub-bidang arkeologi, yang meneliti alat kuno, tembikar, dan sebagainya untuk melihat bagaimana budaya kuno dibandingkan dengan budaya modern.

Jadi, sekarang kita memiliki dasar dasar sosiologi, mari kita bicara tentang beberapa tema utama atau pertanyaan yang dipelajari di bidang ini.

Pelajaran dalam ilmu sosiologi mencakup banyak pertanyaan / gambaran besar seperti yang dibahas di atas. Mari kita membahas beberapa isu sosiologi.

Isu-isu yang dipelajari di Sosiologi

Pertama, sosiologi mempelajari ide-ide berbeda tentang apa yang mungkin menciptakan masyarakat yang ideal.

Beberapa orang percaya bahwa masyarakat harus memastikan setiap orang diperlakukan sama, termasuk dari perspektif ekonomi.

Namun, orang lain percaya bahwa masyarakat yang ideal mencakup kelas sosial yang berbeda, karena keinginan untuk menjadi kaya memotivasi orang untuk menciptakan sesuatu dan bekerja lebih keras.

Isu-isu ini termasuk studi tentang bagaimana ekonomi, politik, dan budaya bergabung dalam berbagai cara.

Isu lain yang dibahas di sosiologi adalah, ‘Bagaimana budaya diciptakan, dan bagaimana budaya diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya?’

Misalnya, makanan apa yang berasal dari negara Anda?

Jika Anda berasal dari Amerika Serikat, makanan anda termasuk hamburger dan hot dog. Makanan ini dimasukkan ke dalam aspek lain dari budaya Amerika, seperti ketika Anda makan hot dog di pertandingan bisbol.

Jadi, bagaimana anak-anak dipengaruhi oleh gambar-gambar budaya ini, dan bagaimana budaya yang berbeda menghasilkan berbagai jenis orang dan ide?

Demikian pembahasan tentang sosiologi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *