Cara Mematikan dan Menghidupkan Firewall

cara menghidupkan dan mematikan firewall

Firewall adalah suatu sistem atau perangkat yang memberikan otorisasi pada trafik jaringan komputer yang dianggap aman untuk melaluinya serta melakukan pencegahan pada jaringan yang dianggap tidak aman. Firewall bisa berupa software (program komputer dan aplikasi) maupun hardware (peralatan khusus untuk menjalankan program firewall) yang menyaring trafik jaringan.

Sampai disini sudah bisa dilihat kalau keberadaan firewall sangat penting terkait keamanan. Namun walaupun begitu, tetap ada saja pengguna sistem operasi Windows yang ingin mematikan fitur ini dengan berbagai macam alasan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tutorial mengenai cara mematikan dan menghidupkan firewall pada Windows yang dikutip dari charis.id. Dalam artikel ini, OS yang digunakan adalah Windows 10. Bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8, tenang saja, caranya sama saja kok dengan Windows 10, mungkin hanya terdapat perbedaan pada interface saja.

Cara Mematikan Firewall

Untuk mematikan Windows firewall, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun, kami hanya akan memberikan satu cara saja, yaitu menggunakan Run. Dengan Run, kita bisa masuk halaman pengaturan firewall tanpa ribet. Untuk caranya, silahkan simak di bawah ini:

  • Pertama, silahkan buka Run dengan cara menekan tombol Windows + R.
  • Jika sudah terbuka, ketikkan firewall.cpl lalu tekan enter.cara mematikan firewall
  • Pada menu pengaturan Windows firewall, silahkan pilih Turn Windows Firewall on or off.cara mematikan firewall windows 10
  • Kemudian, pilih Turn off Windows Firewall (not recommended) pada Private network settings dan Public network settings. Jika masih bingung, silahkan perhatikan bagian yang ditandai.cara mematikan firewall windows 7
  • Terakhir, silahkan klik Ok untuk menyimpan pengaturan.

Nah, sampai disini, Anda sudah berhasil mematikan firewall dengan baik.

Cara Mengatasi Gagal Mematikan Firewall

Terkadang, saat hendak mematikan firewall pada Windows, kita tidak bisa masuk ke menu Turn Windows Firewall on or off. Salah satu penyebab umum yang sering terajadi adalah pengaturan firewall tersebut diatur oleh antivirus yang terinstall.

Sebenarnya tidak semua antivirus mengatur pengaturan firewall, kasus ini sering terjadi pada pengguna Avast. Oh ya, tampilan ketika mengalami masalah ini adalah sebagai berikut:

gagal mematikan firewall

Pada gambar di atas terlihat peringatan These settings are being managed by vendor application Avast Premier. Berarti sudah jelas kalau pengaturan firewall memang diatur oleh Avast.

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan lakukan cara di bawah ini:

  • Pertama, buka antivirus di laptop Anda (dalam contoh ini adalah Avast).
  • Kemudian, klik menu Protection > pilih Firewall.cara mengatasi gagal mematikan firewall di windows
  • Jika posisi firewall On (berwarna hijau), silahkan klik tombol tersebut. Setelah itu akan muncul jendela baru, pilih berapa lama Anda ingin mematikan Windows firewallnya, perhatikan gambar.windows firewall tidak bisa dimatikan
  • Selesai.

Cara di atas khusus pengguna Avast ya, untuk pengguna antivirus lainnya mungkin tampilannya berbeda. Intinya, cari saja pengaturan yang ada hubungannya dengan firewall, nanti matikan firewall melalui pengaturan tersebut.

Bagi pengguna Windows 10, Anda bisa mematikan Windows Defender dan silahkan coba matikan Firewallnya lagi.

Cara Menghidupkan Firewall

Untuk menghidupkan firewall pada Windows, caranya hampir sama dengan proses mematikan firewall. Bedanya hanya terletak pada pengaturannya saja, berikut caranya:

  • Silahkan masuk ke Run dengan cara menekan tombol Windows + R.
  • Setelah itu, ketikkan firewall.cpl lalu tekan enter.cara menghidupkan firewall
  • Pada menu pengaturan Windows firewall, silahkan pilih Turn Windows Firewall on or off.cara menghidupkan firewall windows
  • Selanjutnya, klik Turn on Windows Defender Firewall pada Private network settings dan Public network settings.cara menghidupkan windows firewall
  • Langkah terakhir, silahkan klik Ok.

Nah, itulah cara paling mudah untuk mematikan dan menghidupkan firewall di Windows. Mungkin cukup sekian artikel yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *