Cara Membuat Hati Tenang

Cara-Membuat-Hati-Tenang

Setiap orang pasti pernah merasa sedih dan gundah karena masalah yang dihadapi. Ujian setiap orang berbeda-beda.

Ketika seseorang diberikan ujian yang berat, maka rasa gelisah dan gundah pun bisa muncul. Bahkan, tidak jarang pula seseorang merasakan gelisah yang berkepanjangan dan akhirnya sulit tidur.

Mereka menganggap masalah tersebut sangat besar. Jika hal tersebut tidak diatasi, maka seseorang bisa saja melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat hati menjadi tenang menurut islam

Cara Untuk Membuat Hati Tenang Saat Menghadapi Masalah

Islam mengajarkan beberapa cara untuk mendapatkan hati yang tenang.

Cara-Membuat-Hati-Tenang-Jika-Ada-Cobaan

Setiap orang memiliki masalah. Namun, Allah sudah pasti memberikan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi oleh hambaNya. Lakukan beberapa cara berikut jika hati Anda merasa gundah dalam menjalani kehidupan.

1. Melakukan Dzikir

Dzikir dikatakan sebagai obat hati yang paling mujarab. Dengan melakukan dzikir, kita berarti akan senantiasa mengingat Allah.

Semua perbuatan yang akan dilakukan menjadi lebih terjaga jika kita senantiasa mengingat Allah. Selain itu, dzikir juga bisa membuat hati manusia menjadi tenang.

Dzikir yang mustajab dapat dilakukan setelah sholat, baik itu sholat wajib atau sholat sunnah.

Dzikir setelah sholat wajib memilki keutamaan yang luar biasa. Dalam dzikir tersebut membaca doa istighfar, doa selamat dan puji-pujian kepada Allah serta membaca tahmid, tasbih dan takbir.

Oleh karena itu, kita bisa membiasakan diri untuk berdzikir baik di dalam hati atau pun diucapkan secara lisan. Terbiasa berdzikir akan membuat hati menjadi lebih tenang.

Allah SWT juga telah berfirman dalam Qur’an Surah Ar Ra’du ayat 28. Allah SWT berfirman bahwa orang-orang yang beriman akan merasa menjadi lebih tenang dengan senantiasa mengingat Allah.

2. Bersabar

Masalah yang datang silih berganti harus dihadapi dengan penuh kesabaran. Allah memberikan masalah kepada manusia dengan tidak melebihi batas kemampuan hambaNya.

Masalah yang diberikan semata-mata untuk menguji keimanan dan ketaqwaan manusia. Oleh karena itu, jangan pernah menganggap bahwa masalah tersebut tidak bisa diselesaikan.

Hadapilah dengan penuh kesabaran. Orang yang bisa sabar dalam menghadapi cobaan akan diberikan ketenangan hati oleh Allah.

Allah telah berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 153. Dalam ayat tersebut dikatakan bahwa Allah senantiasa bersama dengan orang yang sabar.

3. Mengerjakan Sholat

Sholat adalah rukun islam yang kedua. Setiap muslim wajib menunaikan sholat fardhu. Selain sholat 5 waktu, kita bisa memperbanyak melakukan sholat sunnah.

Salah satu keutamaan melakukan sholat sunat adalah membuat hati menjadi lebih tenang. Dengan melakukan ibadah wajib ini, diri kita akan semakin dekat dengan Allah SWT.

Manusia bisa sekaligus melakukan komunikasi dengan Dzat yang menciptakannya.

Melaksanakan sholat tidak hanya membuat hati yang gundah menjadi tenang. Namun, melakukan sholat juga bisa menghindarkan diri dari berbagai penyakit hati seperti sombong, iri dan dengki.

Untuk membuat hati merasa lebih tenang, kita bisa melakukan sholat dengan lebih khusyu’. Ketika melakukan sholat, kita juga bisa mengadu kepada Allah tentang masalah yang sedang dihadapi.

Menyampaikan keluh kesah kepada Allah akan membuat hati terasa lebih tenang. Masalah hidup yang dialami pun akan terasa lebih mudah untuk diatasi.

4. Mendengarkan Lantunan Adzan

Adzan adalah panggilan untuk melakukan sholat. Ketika adzan dikumandangkan, setiap muslim harus sejenak berhenti melakukan aktifitas pekerjaan terlebih dahulu. Tinggalkan pekerjaan sebentar, dan tunaikanlah sholat terlebih dahulu.

Tidak hanya berfungsi menyeru kepada muslim untuk menunaikan sholat, namun ternyata mendengarkan suara adzan akan membuat hati yang resah menjadi tenang.

Dikatakan bahwa Adzan memiliki gelombang tertentu dan akan membuat pendengarnya meresapi panggilan untuk segera sholat.

Bahkan menurut seorang ahli otak, suara Adzan dikatakan bisa membuat hati menjadi lebih tenang karena adanya endorfin yang bekerja.

Orang yang mendengarkan adzan dan ngaji akan merasa hatinya menjadi lebih tenang. Rasa gundah dan galau yang tadinya terus terpikir di otak pun sedikit demi sedikit akan berkurang.

Bahkan jika membaca doa setelah Adzan, maka doa Anda akan mudah dikabulkan, karena waktu antara setelah adzan dan iqomah adalah waktu yang mustajab buat berdoa.

5. Berwudhu

Berwudhu adalah cara bersuci untuk menghilangkan hadas dan najis. Setiap muslim wajib berwudhu sebelum melakukan ibadah sholat.

Berwudhu ternyata juga menjadi salah satu cara untuk membuat hati menjadi lebih tenang. Jika Anda memiliki masalah yang membuat perasaan menjadi galau, maka berwudhulah. Niscaya, hati pun akan menjadi lebih tenang.

Jangan berpikir bahwa masalah yang Anda hadapi adalah sebuah beban besar yang diberikan oleh Allah. Karena Allah akan memberikan cobaan hanya ketika hamba-Nya mampu mengerjakannya atau melaluinya.

Demikian ulasan tentang bagaimana cara membuat hati tenang jika menghadapai masalaha atau ujian dari Allah. Yakinlah, jika Anda mampu melewati masalah tersebut dengan sabar dan ikhlas, maka kelak Anda akan mendapatkan ridho dari Allah. Tenangkan hati Anda dengan melakukan beberapa tips di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *