Cara Membuat Laporan Yang Mudah

Cara-Membuat-Laporan-Yang-Benar

Sebagai seorang pelajar tentu tak lepas yang namanya dengan tugas laporan, baik berupa laporan kegiatan ataupun laporan penelitian.

Akan tetapi dalam membuat laporan harus diperhatikan tata cara yang sesuai dengan aturan pada umumnya.

Maka bagi Anda yang belum memahaminya silahkan simak ulasan cara membuat laporan berikut ini.

Cara Membuat Laporan Yang Mudah

Langkah-langkah supaya dapat membuat laporan dengan mudah setidaknya ada 5, diantara lain adalah:

Menentukan Topik

Hal yang paling mendasar sebelum membuat laporan yaitu harus menentukan topik bahasan apa yang akan dilakukan.

Topik atau tema yang biasanya sudah ditentukan dari guru ataupun dosen dalam memberikan tugas.

Namun jika yang menentukan topic bahasan adalah diri Anda sendiri maka lebih baiknya yaitu silahkan pilih topik yang disukai atau pahami.

Melakukan Penelitian atau Kegiatan

Langkah berikutnya setelah menentukan topic bahasan barulah Anda melakukan sebuah penelitian atau kegiatan yang sudah ditentukan.

Untuk supaya bisa mempermudah dalam membuat laporan sebaiknya juga jangan lupa untuk mencatat hal-hal yang penting, seperti alat dan bahan, proses dan hasil selama kegiatan atau penelitian sedang dilaksanakan.

Dan Andapun juga sebaiknya mencari-cari referensi dari berbagai sumber-sumber yang masih berkaitan dengan penelitian yang sedang Anda lakukan, nantinya bisa menjadi bahan rujukan dan mempermudah dalam proses membuat laporan.

Membuat Kerangka Laporan

Untuk mempermudah membuat laporan maka sebaiknya sebelum memulai melakukan menulis laporan terlebih dahulu membuat kerangka laporan.

Lalu seperti apa kerangka laporan tersebut?

Baiklah kerangka laporan adalah poin-poin inti dari gagasan penelitian atau kegiatan yang sudah Anda lakukan.

Setidaknya kerangka tersebut terdiri dari:

  1. Tema yang diambil
  2. Lokasi dan Tempat yang dilakukan
  3. Pokok penelitian atau kegiatan
  4. Hasil dari sebuah penelitian ataupun kegiatan
  5. Dan hal-hal yang lainnya yang sekiranya penting pada penelitian Anda

Dengan membuat kerangka laporan seperti diatas, setidaknya nantinya akan lebih mempermudah proses pembuatan laporan.

Mulai Menulis Laporan

Nah, setelah melakukan beberapa proses diatas seperti menentukan topik bahasan, proses penelitian dan pembuatan kerangka, maka selanjutnya baru Anda bisa memulai menuliskan laporan dari hasil penelitian atau kegiatan yang sedang Anda lakukan.

Jangan lupa juga dalam menuliskan sebuah laporan untuk memperhatikan struktur laporan yang telah ada. Jika Anda belum mengerti silahkan kunjungi website Cryptowi.com.

Perhatikan juga aturan-aturan dari guru ataupun dosen jika memberikan format penulisan dalam laporannya, biasanya juga setiap guru atau dosen berbeda-beda.

Sedikit tambahan yaitu untuk menuliskan laporan supaya lebih mudah dimengerti sebaiknya menggunakan bahasa yang baku dan kalimat yang jelas mudah dimengerti.

Munyunting Laporan

Jika sudah menyelesaikan dalam proses penulisan laporan, maka jangan lupa untuk terlebih dahulu mengecek penulisan laporan.

Karena biasanya yang sering terjadi adalah banyak kata-kata yang ditulis kurang huruf ataupun formatnya yang kurang tepat.

Demikianlah sudah beberapa cara langkah-langkah supaya bisa membuat laporan untuk menjadi lebih mudah. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat Anda terapkan dalam membuat laporan yang akan dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *