Cara Membuat Makalah Menjadi Lebih Mudah

Cara-Membuat-Makalah

Apakah saat ini Anda mendapatkan tugas untuk membuat makalah?

Dan masih bingung bagaimana cara membuat makalah?

Tak usah dikhawatirkan lagi karena ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips supaya langkah untuk membuat makalah menjadi lebih mudah. Silahkan perhatikan caranya berikut ini.

Cara Membuat Makalah Menjadi Lebih Mudah

Menentukan Tema

Langkah pertama untuk membuat makalah menjadi lebih mudah yaitu Anda menentukan sebuah tema terlebih dahulu.

Dengan menentukan tema nantinya Anda akan mudah untuk melanjutkan ke step berikutnya.

Biasanya membuat makalah dari tugas seorang guru ataupun dosen sudah ditentukan temanya dari yang bersangkutan. Akan tetapi ada juga yang hanya memberikan untuk membuat makalah tanpa memberikan tema yang ditentukan.

Maka dari itu untuk Anda supaya lebih mudah dalam proses membuat makalah yang menentukan tema sendiri, lebih baik menggunakan tema yang sudah dipahami atau diminati dalam bidang Anda.

Menentukan Judul

Setelah mendapatkan tema, maka langkah berikutnya yaitu untuk menentukan judul dari makalah yang akan Anda buat.

Membuat judul pada makalah haruslah menarik untuk dibaca akan tetapi tak lupa juga jangan sampai  keluar dari tema yang sudah ditentukan.

Mencari Bahan Referensi

Ketika sudah menentukan tema dan judul yang akan dibuat maka berikutnya Anda baru mencari atau mengumpulkan bahan-bahan referensi yang masih berkaitan dengan bahasan yang akan Anda lakukan.

Mengumpulkan bahan referensi nantinya akan dapat mempermudah proses dalam pembuatan makalah Anda, maka dari itu kumpulkan lah referensi-referensi sebanyak mungkin.

Mulai Menulis Makalah

Setelah Anda mengumpul bahan referensi makalah, maka selanjutnya bisa mulai menulis makalah yang dibuat.

Dalam proses penulisan makalah jangan lupa untuk memperhatikan struktur makalah yang ada.

Struktur pada makalah sendiri yaitu sebagai berikut:

  1. Cover ( bagian depan yaitu cover makalah )
  2. Kata Pengantar ( dalam membuat makalah tak lupa juga harus menerangkan kata pengantar supaya berguna untuk pembaca memiliki pandangan dalam makalah yang sedang Anda buat )
  3. Daftar isi ( supaya dapat mempermudah bagi pembaca dengan adanya daftar isi yang dibuat pada makalah )
  4. Pendahuluan ( pendahuluan pada makalah yaitu berisikan penjelasan baik dari latar belakang, rumusan masalah dan tujuan )
  5. Pembahasan atau inti pada makalah yang sedanga Anda buat
  6. Penutup ( dalam hal ini bagian penutup pada makalah yaitu menerangkan dengan kesimpulan dan saran )
  7. Daftar pustaka ( tak lupa juga untuk Anda mencantumkan daftar pustaka dari referensi-referensi yang sudah Anda jadikan bahan rujukan selama proses pembuatan makalah )

Finishing Makalah

Setelah melakukan beberap rangkaian proses dalam pembuatan makalah diatas, maka setelah selesai menulis makalah sebaiknya jangan langsung dicetak.

Lakukanlah terlebih dahulu mengecek kata-kata yang salah pada laporan makalah ataupun format-format yang masih belum sesuai dengan syarat ketentuan.

Dengan begitu Anda ketika melakukan perbaikan atau finishing akan mendapatkan sebuah laporan yang baik dan siap untuk dipublikasi.

Itulah beberapa langkah supaya membuat makalah menjadi lebih mudah, semoga dengan ulasan diatas dapat Anda terapkan dalam membuat makalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *