Cara Memulai Usaha Jasa Setrika

Cara-Memulai-Usaha-Jasa-Setrika

Kegiatan menyetrika baju, kini sudah dilirik sebagai sebuah usaha bisnis yang menguntungkan.

Bisnis jasa setrika ini, disebut-sebut sebagai bisnis yang paling banyak keuntungannya dibanding jasa lain.

Selain karena caranya mudah, peralatan yang digunakan pun sudah pasti Anda miliki di rumah. Namun sayangnya, masih belum banyak orang yang tahu cara memulai usaha jasa setrika yang benar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak bahasan dibawah ini dengan teliti.

Kuasai Cara Menyetrika yang Benar

Menyetrika pakaian, sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan oleh masyarakat. Sehingga jika jasa setrika dijadikan bisnis, maka akan dianggap hal yang mudah saat pengerjaannya.

Namun sudah kah Anda tahu cara menyetrika yang benar? hal ini perlu Anda kuasai, sebagai salah satu langkah dari cara memulai usaha jasa setrika.

Selain alat setrika yang bagus, skill menyetrika yang baik juga diperlukan dalam memulai bisnis jasa setrika ini.

Misalnya jika nanti Anda mendapat orderan banyak, maka skill kecepatan dan kerapihan sangat dibutuhkan.

Skill ini bisa dilatih dengan cara sering menyetrika baju, sambil memperhatikan beberapa hal-hal berikut ini yang telah kami dapatkan dari BukuWarung.

  • Kenali label-label pada pakaian, biasanya ada baju yang tidak boleh disetrika sesuai dengan label tertera.
  • Gunakan setrika uap agar lebih aman, cepat, dan hemat listrik.
  • Pilah pakaian berdasarkan jenis bahan, untuk menyesuaikan temperatur setrika agar tidak terlalu panas atau pun kurang panas.
  • Pada pakaian bagian sablon, setrika bagian dalamnya agar tidak rusak.
  • Gunakan pengharum di bagian akhir setelah baju selesai disetrika.
  • Pengharum berbahan dasar air, menyebabkan baju bau apek dan alat setrika cepat rusak.
  • Pastika pakaian sudah benar-benar kering ketika akan disetrika, untuk menghindari kerusakan pada alat setrika.

Langkah-Langkah Cara Memulai Usaha Jasa Setrika

Jika Anda sudah menguasai cara menyetrika yang benar, maka itu sudah menjadi bekal dasar dari bisnis ini. Selain dari itu, Anda juga harus menguasai beberapa hal berikut agar bisnis jasa setrika ini semakin maju. Perhatikan beberapa hal berikut:

1. Kenali Bahan Dasar Pakaian

Hal ini menjadi bekal dasar, Anda harus mengenali bahan dasar pakaian yang akan disetrika. Agar dapat menyesuaikan temperatur panas, dan mempercepat proses pengerjaan.

2. Kenali Bahan Pewangi Pakaian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahan pewangi dari air akan membuat pakaian bau apek. Maka dari itu Anda harus menghindarinya, dan memperluas wawasan mengenai segala jenis pewangi agar kustomer tidak bosan dengan wangi yang itu itu saja.

3. Lakukan Promosi

Promosi sangat penting untuk eksistensi bisnis Anda, lakukan promosi menggunakan brosur dan media sosial agar jaringan semakin luas. Sekali-kali berilah diskon untuk menarik perhatian kustomer.

4. Perhatikan Lokasi

Lokasi juga tidak kalah penting, lokasi yang strategis untuk bisnis jasa setrika ini yaitu di sekitar kos-kosan. Karena biasanya mahasiswa atau orang-orang sibuk, tidak punya waktu untuk menyetrika pakaiannya.

5. Berlakukan Garansi

Garansi ini dibuat untuk menjaga kepercayaan kustomer, karena masyarakat akan lebih percaya dengan sesuatu yang ada garansinya. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati dalam menyetrika.

6. Perhatikan Kualitas Layanan

Kualitas layanan yang baik akan menarik kustomer lebih banyak, sebaiknya berikan layanan 24 jam, serta layanan antar jemput untuk memperluas jangkauan kustomer.

7. Sesuaikan Harga

Jangan mematok harga terlalu tinggi, akan lebih baik jika Anda menggunakan harga perkilo seperti laundry.

8. Utamakan Kebersihan

Selain kehati-hatian dalam menyetrika, Anda juga harus memperhatikan kebersihannya. Pastikan keadaan pakaian tetap bersih, seperti saat kustomer menyerahkan pakaiannya pada Anda.

Jasa setrika ini, sangat cocok bagi ibu rumah tangga. Namun tidak ada salahnya juga jika Anda dengan sengaja membuka usaha ini, karena melihat adanya lokasi yang strategis. Terapkan cara memulai usaha jasa setrika yang benar ini, agar usaha Anda semakin laris dan mendapat untung besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *