Cara Menanam Hidroponik Sederhana dan Mudah Dilakukan di Rumah

Jika menginginkan kualitas sayur dan buah yang lebih baik , menanam tanaman dengan teknik hidroponik bukanlah perkara yang sulit dilakukan, bahan dan alatnya pun mudah didapat dan bisa menggunakan yang bekas. Berikut cara menanam hidroponik paling sederhana yang bisa Anda coba di rumah :

  1. Cara Menanam Hidroponik Metode WICK

Metode ini bekerja dengan sumbu yang digunakan sebagai penyalur air dari wadah penampung agar mengalir ke akar. Sumbu dari kain flannel tersebut akan menyalurkan air nutrisi yang kemudian diserap oleh media Rockwool. Akar muda tanaman akan menyerap air nutrisi dari rockwool tersebut.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Botol bekas ukuran 500 atau 600 ml
  • Media tanam : Rockwool (beli di toko pertanian atau online) Alternatif media tanam selain rockwool  : busa bekas, kapas, flannel, dakron.
  • Sumbu : gunakan kain yang menyerap air, misalnya sumbu kompor dan flannel.

 

  1. Cara Menanam Hidroponik Menggunakan Botol Bekas

Yang harus Anda persiapkan adalah media tanam,botol bekas, pisau dan alat untuk melubangi misalnya paku, untuk lebih jelasnya simaklah penjabaran berikut

  • Potong botol bekas menjadi dua bagian (atas dan bawah)
  • Lubangi botol bekas dengan ukuran sekitar 1 cm dengan menggunakan paku yang sudah dipanaskan
  • Bila Anda menggunakan sumbu, maka tidak perlu melakukan pelubangan bagian tengah tutup botol dengan paku yang sudah dipanaskan
  • Masukkan larutan nutrisi ke dalam bagian botol yang bawah
  • Masukkan potongan botol atas ke potongan botol yang bawah secara terbalik dimana posisi tutup botol berada di bawah
  • Masukkan media tanam ke potongan botol bagian atas

Panduan Menanam Hidroponik Sederhana

Langkah-langkah menanam tanaman hidroponik sederhana di rumah yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Penyiapan Benih

Siapkanlah benih tanaman yang Anda inginkan, Anda bisa membuatnya sendiri atau membeli yang sudah jadi. Untuk pemula sebaiknya membeli benih yang sudah jadi di toko pertanian atau membelinya secara online.

Langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian benih. Umumnya menggunakan rockwool sebagai tempat penyemaian karena kepraktisannya dan daya serapnya yang baik dan steril.

  1. Penyiapan Media Tanam

Setelah melakukan penyemaian terhadap benih selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan media tanam. Anda bisa menggunakan sekam bakar yang dicampur kerikil, campuran rockwool dengan kerikil atau menggunakan sabut kelapa.

Selanjutnya setelah memilih media tanam, gunakanlah pot atau kaleng bekas untuk menempatkan media tanam tersebut. Jika benih telah cukup umur bisa dipindah ke media tanam yang sudah Anda siapkan.

Bagaimana Memilih Media Tanam Yang Baik?

Media tanam yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki permukaan pori-pori yang baik
  • Tidak menyumbat sistem atau sirkulasi pengairan
  • Tidak mengubah kandungan larutan nutrisi

 

  1. Menyiapkan Nutrisi untuk Tanaman

Nutrisi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Karena tidak menggunakan tanah, maka tanaman yang ditanam dengan hidroponik memerlukan asupan nutrisi dari luar. Anda bisa meracik sendiri nutrisi untuk tanaman hidroponik dan bisa juga membelinya di toko pertanian.

Jumlah asupan nutrisi harus sesuai dengan kebutuhan tanaman baik kebutuhan untuk nutrisi mikro atau makro. Hal tersebut harus diperhatikan agar tanaman tumbuh dengan baik. Dengan mengetahui cara menanam hidroponik dengan baik akan mempermudah langkah Anda untuk mulai bertani dengan teknik ini. Ketahui hidroponik lebih jauh di TaniMuda agar teknik bertani hidroponik Anda sukses!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *