Cara Mengecilkan Ukuran PDF Secara Online

Dewasa ini, menyimpan file dokumen atau foto dengan format PDF menjadi pilihan banyak orang. Hal tersebut karena PDF memiliki tampilan yang sederhana sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isinya dengan baik. Tak hanya itu, format dokumennya pun tidak akan berubah saat akan dicetak.

Namun, salah satu kendala yang kerap di hadapi ialah ukuran file PDF yang terlalu besar. Apalagi ketika harus menyimpan file tersebut dalam jumlah banyak, tentu akan memakan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengecilkan ukuran PDF. Berdasarkan informasi yang didapat dari www.winfixer.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengkompres ukuran PDF. Yakni dengan menggunakan aplikasi tertentu atau situs online.

Nah, pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara kompres file PDF dengan situs online. Penasaran? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Cara Kompres PDF Secara Online

Ada beberapa situs yang bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan format PDF tanpa ribet. Selain itu, Anda juga bisa mengakses situs-situs tersebut dengan mudah dan cepat.

Soda PDF

Pertama ada Soda PDF yang menjadi salah satu situs online terbaik untuk mengecilkan file PDF. Terdapat dua versi dari situ ini, yakni gratis dan berbayar. Bagi Anda yang ingin mengecilkan PDF, maka bisa memanfaatkan tools gratis yang telah tersedia. Berikut cara mengecilkan ukuran PDF dengan menggunakan Soda PDF.

  1. Pertama, buka situs Soda PDF, kemudian pilih menu Soda PDF Online. Jika ingin mengompres ukuran file, maka pilih free online tools yang ada dibagian paling bawah.
  2. Selanjutkan, klik Free Online Tools. Lalu, Anda akan dihadapkan dengan beberapa kolom menu yang ada. Lihat di bagian kolom populer tools, kemudian klik compress PDF.
  3. Jika berhasil masuk ke dalam PDF, pilih serta upload file PDF yang ingin Anda kecilkan tersebut. Berikutnya, pilih tingkat level kompres yang diinginkan.
  4. Terakhir, klik “compress” dan tunggu hingga proses selesai. File siap untuk didownload.

ILovePDF

Kedua ada ILovePDF yang merupakan software kompres file PDF terbaik untuk Anda gunakan. Situs ini juga menjadi situs yang paling terkenal untuk memperkecil ukuran suatu file PDF.

Dengan menggunakan ILovePDF, Anda tidak hanya bisa mengecilkan ukuran PDF, namun juga mengubah PDF dalam bentu lain, menggabungkan antar file PDF, split, merger dan lain sebagainya. Cara kompres file dengan menggunakan situs ini pun cukup mudah, seperti pada penjelasan berikut ini.

  1. Masuk ke situs ILovePDF, kemudian pilihan menu compress PDF.
  2. Setelah masuk ke halaman kompres, pilih file PDF yang akan dikompres. Selanjutnya, pilih tingkatan kompres. Terdapat 3 tingkatan ukuran kompres, yakni Extreme, Recommended dan Less.
  3. Klik Kompres PDF yang berada di bagian kanan bawah dan tunggu hingga proses selesai. File pun siap untuk Anda download.

Small PDF

Cara mengecilkan ukuran PDF berikutnya ialah dengan menggunakan Small PDF. Software canggih ini akan membantu Anda mengecilkan ukuran file PDF dengan cara sebagai berikut.

  • Buka situ Small PDF, lalu pilih “Compress PDF”.
  • Klik “Choose File” untuk memilih file yang ingin dikecilkan.
  • Kemudian, pilih tingkat kompres yang Anda inginkan. Ada dua tingkat kompres yakni high quality dan strong compress. Nah, untuk pilihan strong compress berlaku untuk pengguna pro (berbayar).
  • Terakhir, pilih “Choose Option”, maka secara otomatis file PDF akan diperkecil. Tunggu proses hingga selesai lalu download file tersebut.

Demikian cara mengecilkan ukuran PDF dengan menggunakan 3 situs kompres PDF terbaik. Tak hanya mudah, namun juga bisa mengecilkan ukuran file PDF dengan cepat. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *