Cara Menghemat Biaya Nikah

menghemat biaya pernikahan

Setiap orang pasti memiliki mimpi untuk membuat keluarga dengan merencanakan sebuah pernikahan.

Sebuah pernikahan tentu akan digelar melalui sebuah pesta yang meriah, namun untuk membuat sebuah pesta yang meriah dibutuhkan sejumlah dana yang cukup besar. Tetapi di waktu yang sama anda juga harus menghemat biaya nikah, agar kondisi finansial anda tetap stabil.

Tentu anda akan menabung atau mengumpulkan uang terlebih dahulu sebelum pesta pernikahan dilangsungkan. Dalam merealisasikan sebuah pesta yang menjadi impian anda dan pasangan, diperlukan biaya.

Tetapi biaya hidup anda bukan hanya untuk pesta pernikahan saja, karena anda dan pasangan tentu ingin memiliki rumah, biaya pendidikan untuk anak, dan lain sebagainya.

Cara Unik & Mudah Dalam Menghemat Biaya Nikah

mempersiapkan biaya pernikahan

Dengan mempertimbangkan beberapa hal yang lebih penting seperti setelah pesta pernikahan tersebut berlangsung, maka sebaiknya anda melakukan cara berikut ini untuk menghemat biaya pernikahan anda dan pasangan. Ini pembahasannya:

1. Anggap Saja Hanya Sebuah Pesta

Pada umumnya sebuah pernikahan akan dilangsungkan secara resmi, dalam merayakan sahnya status baru bagi pengantin tersebut. Pesta pernikahan juga identik dengan bunga, pakaian yang mewah dan formal, dan lain sebagainya.

Namun anda bisa menghemat biaya dengan menganggap bahwa acara ini hanya sebuah pesta biasa.

Misalnya anda bisa melakukan dua kegiatan penting saat acara berlangsung, yaitu tamu yang memberi selamat pada anda dan menikmati hidangan. Yang kedua momen berkumpul dengan keluarga, dengan bernostalgia tentang masa lalu yang indah.

2. Membuat Garden Party

Mengadakan pesta di sebuah gedung tentu membutuhkan biaya sewa gedung yang cukup tinggi. Untuk lebih menghemat, anda bisa menggunakan alternatif dengan menggunakan halaman belakang rumah atau kebun yang cukup untuk menampung sejumlah undangan.

Dengan begitu tempat yang anda pilih ini menjadi lebih signifikan dibanding harus menyewa gedung. Anda juga bisa memberi kesan unik dengan membuat sebuah garden party yang tak biasa.

3. Acara Tradisi

Dalam sebuah pesta pernikahan tentu ada tradisi atau adat istiadat yang melambangkan kesakralan pernikahan itu sendiri.

Namun dengan menambah adat istiadat dan tradisi tersebut, tentu membutuhkan tambahan biaya. Bila anda ingin menghemat biaya nikah, maka anda bisa melewatkan tradisi ini bila tidak diwajibkan di daerah Anda.

Alternatif lainnya, Anda tetap bisa mengadakan acara tersebut namun dengan menekan budget sebisanya.

Apalagi bila keluarga anda dan pasangan, bukan orang yang terlalu menjunjung tinggi adat dan budaya. Sehingga poin ini bisa anda coret dari rencana pernikahan.

4. Memangkas Pengeluaran dengan Cara yang Kreatif

Seperti yang kita tahu bahwa sebuah pesta pernikahan hanyalah sebuah acara yang berlangsung sehari saja. Sehingga anda tak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak, hanya untuk acara yang dilangsungkan selama satu hari.

Tidak usah membuat tamu terkesan dengan pesta yang terlalu mewah dan mahal. Oleh sebab itu pangkaslah beberapa pengeluaran yang tidak terlalu penting, karena sejatinya pesta pernikahan itu adalah maknanya bukan tampilannya.

5. Menggunakan Cincin Daur Ulang

Cincin pernikahan merupakan salah satu jenis perlengkapan yang harus dipikirkan. Demi memangkas biaya pernikahan, sebaiknya anda menggunakan cincin daur ulang saja.
Yaitu dengan meminta keluarga atau kerabat dekat untuk menyumbangkan perhiasan atau emas lamanya, lalu anda sulap menjadi baru kembali dengan bantuan pembuat emas.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam menghemat biaya pernikahan tersebut di atas, dapat anda coba untuk meminimalisir biaya tetapi pesta yang berlangsung tetap meriah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *