Cara Merawat Mesin Mobil

cara merawat mesin mobil

Sebagai pengguna kendaraan roda empat, atau bisa juga disebut dengan Mobil, tentu saja kalian menginginkan keawetan mesin dalam kurun waktu yang cukup lama.

Dalam memastikan mobil tetap mempunyai kenyamanan ketika digunakan dan juga nilai tinggi, kita sebagai pengguna kendaraan tersebut harus rela melakukan perawatan mesin secara teratur sesuai dengan jadwalnya. Untuk perawatannya bisa kita lakukan di bengkel resmi atau juga bisa dilakukan secara pribadi.

Apabila kalian tidak paham dengan mesin dan perawatannya jangan pernah merasa khawatir, karena kita masih bisa belajar untuk benar-benar memahami seluk beluk mesin mobil dan perawatannya. Berikut dibawah ini ada 5 hal yang harus kalian pahami demi bisa melakukan perawatan mesin mobil.

Artikel yang dikutip oleh mamangbengkel.com Pertama-tama hal yang harus kalian perhatikan ialah..

1. Cek Oli Mesin

cara merawat mesin mobil
otospector.co.id

Perlu kalian ketahui dalam penggantian oli mobil, oli mobil harus kita ganti setiap jarak tempuh perjalanan telah mencapai 5000 sampai 1000 KM demi memastikan kekuatan mesin mobil itu tetap bekerja secara baik layaknya seperti mobil yang baru keluar dari bengkel.

Untuk mengecek kapan oli itu harus diganti ialah dengan cara meneteskan sedikit cairan oli pada tangan kita, setelah itu langsung rasakan oleh kita sendiri apakah di dalam cairan oli itu terdapat serpihan-serpihan halus atau tidak.

Apabila kalian bisa merasakan kotoran atau serpihan yang ada di dalam oli, maka itu tandanya kalian harus benar-benar menggantikannya dengan cairan oli yang bagus.

2. Perhatikan Kerja Kopling

cara merawat mesin mobil
gridoto.com

Cara ini bisa dilakukan apabila mobil ini memiliki fitur transmisi manual. Bila kampas kopling pada mobil kalian sudah terasa haus, maka otomatis perpindahan dari gigi bawah ke gigi atas akan terasa berat dan tidak enteng seperti sebelumnya, hal itu bisa membuat kenyamanan kalian dalam berkendara keganggu.

Persneling yang susah dipindahkan adalah salah satu penyebab dari kampas kopling dari mobil itu haus, alias minta digantikan dengan yang baru. Nah penggantian kampas kopling seperti ini itu merupakan salah satu bagian dari cara merawat mesin mobil dengan sempurna.

3. Cek Air Radiator

cara merawat mesin mobil
otospector.co.id

Perlu kalian perhatikan mengenai isi air dari radiator mobil, jangan sampai ketika kita sedang menggunakan mobil namun air yang ada di dalam radiator itu kosong. Kenapa jangan sampai kosong? Karena fungsi dari air radiator ini sangat penting sekali, sehingga kita harus benar-benar memperhatikannya dengan benar.

Fungsi dari air radiator ini adalah untuk mendinginkan mesin panas yang diakibatkan dari kerja mesin. Kalian harus memastikan untuk selalu mengecek air radiator, apabila terdapat kekurangan air dari dalam radiator, maka kalian harus mengisi kembali sesuai dengan takaran yang telah diterapkan oleh perusahaan mobil.

Kenapa kalian harus mengisi air radiator sesuai dengan takaran yang sudah ada? Supaya mesin mobil itu bisa bekerja dengan optimal, maka dari itu kita harus mengisi air radiator sesuai dengan takarannya. Selain itu, apabila kalian sering menggunakan air wiper untuk membersihkan kaca mobil bagian depan, maka harus diperiksa juga.

Apabila air wiper itu habis, otomatis kalian harus mengisinya kembali sehingga bisa digunakan secara normal seperti sebelumnya.

4. Periksa Kabel dan Lampu Mobil

cara merawat mesin mobil
beritagar.id

Bagian ini juga adalah bagian penting, yaitu memeriksa tentang perkabelan dan juga daya lampu. Karena kabel ini memiliki fungsi dalam segi pengapian juga kelistrikan, apabila terdapat kabel-kabel yang rusak, maka mesin pun tidak akan bisa mengalirkan listrik kepada bagian-bagian penting lainnya.

Begitu juga dengan lampu. Kalian juga harus memeriksa keterangan dari lampu itu sendiri, karena jika lampu itu sudah mulai redup, maka redupnya cahaya lampu itu bisa mengganggu kalian ketika sedang melakukan perjalanan di malam hari.

Intinya kita ini harus memastikan bahwa kondisi dari kabel dan lampu mobil itu harus normal, sehingga tidak mengganggu ketika kalian sedang berkendara.

5. Memeriksa Aki Mobil

cara merawat mesin mobil
monotaro.id

Bagian ini adalah bagian paling gampang untuk merawat aki mobil, kalian hanya cukup memastikan apakah air aki itu kering atau tidak, apabila terdapat cairan aki yang telah mencapai batas maksimal, maka kalian harus menggantinya dengan cairan aki yang baru.

Lantas bagaimana cara mengecek kondisi dari cairan aki yang telah habis? Yaitu mengukur tegangan aki dengan menggunakan voltmeter. Namun apabila kalian tidak yakin dengan kondisi aki yang terdapat di dalam mobil, maka kalian bisa langsung membawanya ke bengkel terdekat untuk dilakukan pemeriksaan total.

Selain dari lima faktor diatas, kalian juga harus memperhatikan bagian-bagian kecil lainnya, demi perawatan mesin mobil yang benar memang harus melakukan seperti itu. Itulah cara merawat mesin mobil yang baik dan benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *