Cara Setting Kamera Mirrorless Canon

tips menggunakan kamera mirrorless canon

Kamera mirrorless canon menjadi salah satu jenis kamera mirrorless yang paling banyak diburu oleh penggemar fotografi akhir-akhir ini.

Jika Anda juga merupakan salah satu dari mereka yang telah membeli kamera mirrorless canon baru, maka berikut ini adalah cara setting kamera mirrorless canon yang wajib Anda ketahui. Berikut tipsnya…

1. Lakukan setting ISO kamera.

ISO adalah ukuran atau tingkat sensitifitas dari sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi angka ISO maka sensor akan semakin sensitif. Inilah alasan mengapa saat siang hari di tempat cahaya yang cukup dengan ISO lebih dari 600 foto akan tampak terlalu putih.

Setting ISO pada kamera mirrorless canon Anda sangat menetukan jumlah cahaya yang dibutuhkan oleh kamera Anda tersebut dalam memproduksi sebuah foto.

ISO yang tinggi sangat berguna guna memotret di tempat yang mempunyai cahaya remang. Meski demikian, ISO tinggi juga memiliki risiko untuk menghasilkan foto yang noise.

Kemudian, ISO yang rendah seperti halnya ISO 100 atau 200 menciptakan hasil foto tanpa noise yang lebih jernih.

Di samping itu, ISO yang rendah juga memiliki kualitas yang lebih baik. Akan tetapi, ISO yang rendah tersebut dapat membuat foto yang Anda hasilkan menjadi blur, terutama pengambilan foto yang dilakukan di dalam ruangan.

Sebagai tips, ada baiknya Anda menggunakan setting ISO secara auto ketika Anda berada pada tahap awal penggunaan kamera mirrorless canon.

2. Perhatikan white balance.

Saat Anda hendak menggunakan kamera mirrorless canon, sebaiknya hal yang wajib Anda lakukan ialah memperhatikan white balance.

Pengaturan kamera dengan white balance amat sangat berpengaruh pada akurasi warna foto. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh ketika Anda membidik objek baju, warna kulit hingga latar belakang objek foto Anda karena membuatnya menjadi aneh.

Khususnya bagi Anda pengguna baru kamera mirrorless canon, sebaiknya menggunakan white balance yang pas. Caranya adalah dengan membuat pengaturan auto white balance.

Jika Anda sudah memahami white balance dengan baik, maka Anda dapat melakukan eksperimen terhadap objek bidikan Anda menggunakan white balance tersebut.

3. Perhatikan fokus kamera.

Apabila Anda menggunakan kamera mirrorless canon, maka lensa pada kamera tersebut dapat secara otomatis mencari fokus dengan menggunakan sistem autofocus kamera.

Selain itu, Anda juga dapat mencari fokus secara manual dengan memutar cincin fokus lensa. Pada tahapan tersebut, Anda dapat memanfaatkan sistem autofocus kamera serta menggunakan mode single AF.

Selanjutnya, lensa kamera Anda akan mengunci fokus secara otomatis pada titik tertentu saat Anda menekan tombol shutter separuh. Anda juga dapat menggunakan titik tengah fokus an mulailah berlatih agar tangan Anda bisa lincah seraya mengubah-ubah titik fokusnya.

4. Perhatikan mode eksposure.

Cara setting kamera mirrorless khusus canon berikutnya ialah dengan memeprhatikan bagian mode eksposurenya.

Sebagai informasi, terdapat dua mode yang dapat dikatakan sangat bersahabat bagi Anda selaku pemilik kamera mirrorless canon pemula yaitu mode auto serta scene dan mode program.

Pada mode eksposure kamera mirrorless canon tersebut nantinya kamera tersebut akan menentukan semua atau sebagian besar pengaturan kamera. Hal ini membuat Anda bisa semakin fokus dalam mengambil gambar.

5. Perhatikan bagian kartu memori.

Cara setting kamera canon mirrorless berikutnya adalah dengan memperhatikan bagian kartu memori. Masukkan kartu memori Anda pada bagian menu utama kamera tersebut dan kemudian carilah perintah format. Hal ini bila Anda hendak mengosongkan memori bila memori tersebut penuh.

Setelah mengetahui tipsnya, mungkin Anda kepikiran untuk membeli kamera mirrorless. Apa kamera mirrorless yang bagus? Nah, kami memiliki saran untuk mengeceknya di rekomended.com, situs ulasan beragam produk terbaik. Pada bagian tekno Anda bisa menemukan ragam ulasan produk teknologi, termasuk kamera di dalamnya.

Informasi terkait cara setting kamera mirrorless canon tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi Anda khususnya pengguna kamera mirrorless canon pemula. Gunakan kamera mirrorless Anda dengan bijak dan jangan lupa untuk selalu merawatnya agar senantiasa awet.

Demikianlah 5 tips sederhana menggunakan kamera mirrorless canon, semoga bermanfaat dan kemampuan fotografi Anda semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *