Danau Linting Deliserdang

Danau Linting Deliserdang

Walau tak setenar Danau Toba, namun Danau Linting merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi panorama alam di sekitar danau ini layak untuk dinikmati oleh siapa saja.

Danau Linting yang berada di Deliserdang ini merupakan sebuah danau vulkanik dengan luas sekitar 1 hektar. Airnya mengandung belerang sehingga warna airnya bewarna biru kehijauan. Selain itu, air di danau ini terasa hangat.

Hal Menarik di Danau Linting

Danau Linting Deliserdang

Ada beberapa hal yang bisa kamu temukan di salah satu wisata alam terfavorit di Deliserdang ini. Berikut daftarnya untuk kamu.

Bisa untuk Berenang

Pengunjung diperbolehkan untuk  berenang, namun jangan berenang hingga ke tengah danau karena kedalaman danau ini diperkirakan lebih dari 100 meter. Bermain air di tepi danau ini, kamu dapat merasakan relaksasi air hangat bersuhu sekitar 30 derajat Celcius.

Bersantai

Di sekitar danau ini ditumbuhi dengan berbagai pohon besar dan rindang sehingga membuat suasana menjadi sejuk dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat berwisata bersama keluarga. Suasana yang masih asri inilah yang sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat.

Sejarah/Mitos Danau Linting

Menurut cerita dari masyarakat setempat, dahulunya di tempat danau ini berada hanya merupakan sebuah bukit, namun kemudian pada suatu hari bukit tersebut bergetar hebat dan meledak sehingga menghasilkan cekungan dan terbentuklah Danau Linting ini.

Hal tersebut menjadikan warga sekitar tidak berani untuk mendekat ke kawasan danau ini. Baru pada beberapa tahun ini, Danau Linting mulai dikunjungi oleh wisatawan walaupun belum terdapat referensi ilmiah mengenai pembentukan danau ini.

Fasilitas yang Ada di Danau Linting

Kawasan cantik ini belum mendapat perhatian sepenuhnya dari pemerintah setempat. Hal ini terlihat dari fasilitas wisata yang kurang memadai. Di kawasan danau ini hanya terdapat ruang ganti pakaian, toilet dan area parkir.

Belum terdapat warung makan di sekitar danau ini, hanya ada warga setempat yang menjajakan makanan dan minuman ringan dengan harga yang terjangkau. Selain itu, mereka juga menyewakan tikar bagi para wisatawan di danau ini dengan tarif sewa yang menyesuaikan dengan ukuran, sekitar 10.000 hingga 20.000 untuk satu tikar.

Transportasi Menuju Danau Linting

Danau Linting berjarak sekitar 70 km dari kota Medan dan dapat ditempuh selama sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi maupun sewa. Untuk angkutan umum bisa didapatkan di Terminal Amplas Medan dengan biaya sekitar Rp. 20.000 per orang.

Jika menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa, perjalanan dari Medan melalui Delitua menuju ke Patumbak lalu ke Desa Talun Kenas, Desa Siguci, Desa Kuta Jurung hingga ke Desa Sibunga-bunga Hilir.

Sepanjang perjalanan ini, kamu akan disuguhi pemandangan yang indah dan sejuk dari perkebunan kelapa sawit, karet dan kakao di kanan kiri jalan yang kamu lalui. Namun sayangnya jalanan menuju Danau Linting selebar sekitar 2 meter itu berbatu dan berlumpur. Jalanan yang beraspal mulus bisa ditemui di beberapa kilometer menuju desa terakhir, Desa Sibunga-bunga Hilir.

Di Desa Sibunga-bunga Hilir terdapat plakat penunjuk bertuliskan ‘Danau Linting’. Dari tempat ini menuju ke lokasi Danau Linting, jalanannya berbatu dan becek dari aliran air danau serta menanjak.

Itulah sekilas review mengenai Danau Linting yang terletak di kabupaten Deliserdang. Banyak wisata alam yang belum begitu terekspos di provinsi Sumatera Utama. Yuk, kunjungi dan ajak teman-temanmu untuk berlibur ke wisata ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *