Doa Sholat Witir

Sebagai sholatnya para kekasih Allah SWT maka sholat witir sangat dianjurkan untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak perlu khawatir bacaan doa sholat witir, tidak akan jauh berbeda dengan  bacaan doa sholat fardhu atau sholat sunnah lainnya maka akan mempermudahkan dalam mengamalkannya setiap hari.

Sholat Witir

Sholat Witir adalah solat sunnah yang dilakukan setelah sholat Isya yang waktunya cukup panjang yaitu sampai datangnya waktu shubuh dengan jumlah rakaat ganjil. Sebagai sholat yang tidak penah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW maka para umatnya memang dianjurkan untuk menjalankannya. Rasullullah SAW bersabda:

”Ada tiga hal yang fardhu bagiku dan sunnah bagi kalian, yaitu witir (shalat Witir), bersiwak, dan qiyamul lail”, (HR. Bukhari dan Muslim).

Ketahui untuk lebih jelasnya jumlah rakaat sholat witir yaitu ganjil mulai dari satu rakaat hingga sebelas rakaat. Solat sunnah yang satu ini dijadikan sebagai pamungkas waktu malam yang mengganjili sholat genap sehingga dianjurkan sebagai sholat akhir pada sholat malam. Oleh karena itu, ketika akan menjalankan sholat tahajud maka janganlah lupa menjalankan sholat witir setelah sholat tahajud. Rasulullah bersabda:

“Jadikanlah Witir sebagai akhir shalat kalian di waktu malam”, (HR.Bukhari).

Niat Sholat Witir

Sholat witir boleh dikerjakan 2 rakaat yang diakhiri dengan satu salam, ada juga sholat witir dengan 1 rakaat. Jadi, agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT maka harus membaca bacaan doa niat sholat witir yang tepat, berikut ini bacaannya.

Niat Sholat Witir Satu Rakaat Arab

أُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً للهِ تَعَالَى

 “Ushallii Sunnatal Witri Rak’atan Lillaahi Ta’alaa.”

Terjemahannya.

“Aku niat sholat sunnah Witir satu rakaat karena Allah ta’alaa”

Niat Sholat Witir Dua Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى

 “Ushallii Sunnatal Witri Rak’ataini Lillaahi Ta’alaa.”

Terjemahannya:

“Aku niat sholat sunnah Witir dua rakaat karena Allah ta’alaa”

 

Niat Sholat Witir Berjamaah Dua Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً (إماما/مأموما) للهِ تَعَالَى

“Ushallii Sunnatal Witri Rak’atan (Imaaman/Makmuuman) Lillaahi Ta’alaa.”

“Aku niat sholat sunnah Witir satu rakaat (jadi imam/makmum) karena Allah ta’alaa”

Nah, untuk sholat witir yang dilakukan berjamaan maka bisa menambahkan lafal (إماما/مأموما) pada bacaan niatnya.

Niat Sholat Witir Berjamaah Satu Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ (إماما/مأموما) للهِ تَعَالَى

“Ushallii Sunnatal Witri Rak’ataini (Imaaman/Makmuuman) Lillaahi Ta’alaa.”

“Aku niat sholat sunnah Witir satu rakaat (jadi imam/makmum) karena Allah ta’alaa”

Doa Sholat Witir

Setelah mengetahui bacaan niat sholat witir maka ketahui juga doa sholat witir yang akan menyempurnakan ibadah yang Anda lakukan. Simak beberapa doa yang dianjurkan diamalkan saat menjalankan sholat witir.

Bacaan Doa Tasbih

Ketahuilah bahwa bacaan doa tasbih sebanyak tiga kali bacaan doa tasbih yaitu سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ “Subhaanal malikil qudduus” (3x) yang mempunyai arti “Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan”. Anda bisa membanya ketika sholat witir maupun sesudahnya.

Bacaan Doa Sholat Witir

Berikutnya baca juga doa sholat witir yang akan membuat ibadah yang dijalankan menjadi lebih sempurna di mata Allah SWT. Berikut ini bacaan doa sholat witir,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

 “Allahumma inni a’udzu biridhaoka min sakhotika wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik.

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dengan ridha-Mu dari murka-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dengan ampunan-Mu dari hukuman siksa-Mu. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian atas-Mu sebagaimana pujian-Mu sendiri atas diri-Mu.” (HR.Abu Dawut, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, dan Thabrani).

Makna Doa Sholat Witir

Setelah mengetahui bacaan sholat witir maka ketahui juga makna doanya, berikut beberapa makna doa sholat witir yang kami kutip dari Fahmipedia.

  1. Mendapatkan Kemuliaan

Salah satu makna doa sholat witir yaitu untuk mendapatkan perlindungan dari siifat kemuliaan dan keindah dari Allah SWT. Dengan doa tersebut maka akan mendatangkan keridhaan dari Allah SWT, bahkan untuk menghindarkan dari murka-Nya. Makna tersebut terdapat dalam lafal Allaahumma inni a’uudzy bika biridhaaka min sukhtika ( اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِك ) yang artinya ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dengan ridha-Mu dari murka-Mu.

  1. Memohon Ampunan

Berikutnya, makna yang bisa diperoleh dari bacaan doa sholat witir yaitu untuk memohonkan ampunan sehingga terhindar dari perbuatan yang mulia kemudian untuk meminta ampunan dari hukumannya. Dengan demikian keutamaan dari doa sholat witir tersebut memang sangatlah banyak. Makna tersebut terdapat dalam bacaan Waa’uudzu bima’aafatika min ‘iquubatika ( وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ ) yang artinya dan aku berlindung kepada-Mu dengan ampunan-ampunan-Mu dari hukuman siksa-Mu.

  1. Meminta Perlindungan

Dijelaskan dalam lafal Waa’uudzu bika minka ( وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ ) dengan arti aku berlindung kepada-Mu dari-Mu. Lebih detailnya makna dalam doa tersebut yaitu berlindung dari dzat yang memiliki pengaruh sifat-sifat-Nya. Hal tersebut terdapat dalam firman Allah dalam surah Ali Imran ayat 28

وَ یُحَذِّرُکُمُ اللّٰہُ نَفۡسَہٗ

Artinya:

“…Dan, Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya…”,

Dengan demikian dengan menjalankan solat witir tersebut maka akan mendapatkan perlindungan tersebut, jadi hendaklah jadi umat muslim yang selalu tunduk kepada Allah SWT secara keseluruhan sehingga akan selalu mendapatkan perlindungan dan kebaikan dari hal buruk. Jadi, lakukanlah sholat witir tersebut setiap hari maka akan selalu mendapatkan kebaikan dari-Nya.

  1. Bentuk Pujian

Kemudian makna dalam doa sholat witir yaitu sebagai bentuk pujian atas-Mu untuk mendapatkan nikmatnya. Hal tersebut terdapat dalam lafal Laa uhshi tsanaan ‘alaika anta kama atsnaita ‘ala nafsika ( لاَ أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ ). Artinya aku tidak mampu menghitung pujian atas-Mu sebagaimana pujian-Mu sendiri atas diri-Mu. Hal tersebut dalam firman Allah dalam surah Ibrahim ayat 34وَ اِنۡ تَعُدُّوۡا نِعۡمَتَ اللّٰہِ لَا تُحۡصُوۡہَا

Artinya:

“….Dan, jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya…”, (QS Ibrahim ayat 34).

Makna dalam lafal tersebut menjadi kelemahan dan ketidakmampuan dari kita sebagai umat muslim untuk mendapatkan segala pujian dari Allah SWT dengan berbagai kebaikan-Nya. Ibnu Malik berkata:

“Makna hadits adalah istighfar dari kelengahan mencapai yang wajib dari hak Dzat-Nya dan memuji terhadap-Nya.”

 

Nah, jadilah umat muslim yang selalu menjalankan ibadah sholat witir setiap harinya sehingga akan semakin mendatangkan banyak kebaikan untuk kehidupan di dunia dan akhirat sebagai salah satu bentuk amalan.

Dari ulasan di atas maka dapat dipahami mengenai doa sholat witir dengan tata caranya yang sangatlah lengkap kemudian makna juga doa sholatnya secara mendalam agar menjadikanmu sebagai kekasih Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *