Harga dan Spesifikasi Lengkap Nokia 9 PureView

HMD Global tampaknya bekerja lebih keras dengan mengeluarkan flagship Nokia 9 PureView terbaru dan melengkapinya dengan total lima lensa untuk kamera utama untuk mencapai kualitas gambar yang superior. Bukan hanya kameranya saja, seluruh perangkat ini memiliki lebih banyak perangkat keras kelas atas. Lantas, apakah hal tersebut menjamin kualitasnya secara keseluruhan?

Bocoran Nokia 9 PureView

Ketika mendesain flagship smartphone terbaru mereka, insinyur HMD Global melakukan sembilan meter keseluruhan dan melengkapi Nokia 9 seri PureView dengan tidak hanya dua atau tiga, tetapi lima modul kamera dengan resolusi 12 MP masing-masing di belakang. Hasilnya adalah upaya untuk merevolusi fotografi ponsel cerdas dengan rentang dinamis luar biasa dan informasi field-depth yang sulit dipercaya.

Kamera ini benar-benar ditonjolkan pada periklanannya sehingga sangat mudah untuk mengabaikan sisa perangkat keras yang tidak kurang mengesankan. Faktanya, untuk sekitar Rp. 9.000.000, – Anda mendapatkan Snapdragon 845, yang merupakan pesaing yang sangat cepat dari Qualcomm.

Tak ketinggalan RAM 6 GB, ruang penyimpanan 128 GB, dual SIM, LTE Cat. 16, dan casing aluminium yang dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Dengan berbagai fitur tersebut, sudah seharusnya Nokia seri ini memenuhi harapan dan ekspektasi dari para penggunanya. Untuk itu, mari lihat spesifikasi lengkapnya lewat ulasan berikut ini.

 

Spesifikasi Nokia 9 PureView

Desain smartphone ini secara keseluruhan lebih menekankan konsep konvensional. Satu-satunya warna yang tersedia adalah “Midnight Blue” dengan casing tipis 8 mm yang terbuat dari aluminium mesin yang dilindungi oleh Gorilla Glass 5 di kedua sisi.

Hal tersebut di atas tidak hanya menjadikan perangkat Nokia dengan berat 172 gram ini menjadi  sangat kokoh dan kuat, tetapi juga memastikan sertifikasi IP67 yang menyatakan bahwa smartphone ini dapat terendam dalam air 1 m (3 kaki) selama 30 menit tanpa hantaman.

Desain depan dinilai agak konservatif, meskipun bingkai aluminium perak tipis yang mengelilingi smartphone terlihat bagus karena menawarkan kontras yang sangat menyenangkan dengan sasis yang gelap. Anda dapat menemukan elemen desain yang sama di sisi belakang, yang menampilkan permukaan sedikit mengkilap yang terlihat sangat berkelas dan premium.

Sementara itu di sisi belakang didominasi oleh fitur unik Nokia 9 PureView, dimana ansambel kameranya terdiri dari 5 lensa Zeiss dengan masing-masing kekuatan 12 MP yang tidak menonjol keluar dari casingnya tetapi diletakan dengan penutup belakang sebagai gantinya.

Terdapat pula lampu kilat LED yang sedikit menonjol. Namun jangan khawatir, sebab tonjolan tersebu bahkan tidak akan sanggup menggetarkan smartphone ini ketika diletakkan menghadap ke atas. Lebih dari itu, pembaca sidik jari terintegrasi ke dalam layar dan tidak diletakan lewat sensor di belakang smartphone.

Nokia 9 seri PureView dilengkapi dengan 6 GB LPDDR4X RAM dan 128 GB memori penyimpanan UFS-2.1. Di luar kotak, sekitar 113 GB dapat diakses pengguna dengan sisanya diambil oleh sistem Android 9. Karena perangkat tidak memiliki slot microSD, ruang penyimpanan tidak dapat diperluas. Perangkat ini juga dilengkapi dua slot SIM nano dan mendukung DRM Widevine L1.

Dari segi perangkat lunak, Nokia 9 PureView adalah smartphone Android One, yang artinya menjalankan versi vanilla yang tidak dimodifikasi dari Android 9 Pie tanpa bloatware atau perangkat lunak preloaded lainnya yang sifat dan kegunaannya seringkali dipertanyakan. Satu-satunya perangkat lunak non-stock adalah aplikasi kamera, yang disediakan oleh HMD Global dan bukan Google.

Smartphone Android One mendapatkan dua tahun pembaruan sistem operasi yang terjamin dan tiga tahun pembaruan keamanan rutin. Mengenai pembaruan keamanan rutin, Nokia menyatakan bahwa hal tersebut akan dirilis dan diupdate secara bulanan.

Dalam hal komunikasi, smartphone ini dilengkapi dengan LTE Cat. 16, Bluetooth 5.0, 802.11ac Wi-Fi, dan NFC. Nokia 9 seri PureView mendukung setiap standar yang diharapkan dari smartphone unggulan kelas atas pada tahun 2019. Berkat berbagai variasi frekuensi yang didukungnya, perangkat ini seharusnya bekerja dengan sangat baik dan terhubung ke jaringan 4G di seluruh dunia.

Bergerak menuju sektor yang paling dinanti-nanti yaitu kamera. Smartphone ini merupakan satu ponsel dengan lima kamera bekerja secara bersamaan untuk membuat foto yang sempurna, seperti yang diklaim Nokia. Sebanyak lima kamera 12 MP terletak di bagian belakang, yang masing-masing memiliki lensa Zeiss dan aperture f /1.82. Hal tersebut berarti tidak ada zoom optik atau lensa sudut lebar.

Kualitas gambar adalah satu fitur yang seharusnya mendapat manfaat terbesar dari armada lima sensor, dimana tiga di antaranya adalah monokrom untuk meningkatkan jangkauan dinamis. Dua sisanya adalah sensor RGB yang digunakan untuk mengumpulkan informasi warna.

Saat menekan tombol untuk mengambil gambar, kelima kamera mengambil foto secara bersamaan, dan perangkat lunak menerapkan berbagai pengaturan secara otomatis. Setelah diterapkan, kelima foto tersebut digabungkan menjadi satu foto HDR besar 12 MP. Video direkam dalam 4K pada 30 FPS. Kamera depan menawarkan resolusi video yang sama dan fitur sensor 20 MP tunggal konvensional.

Kombinasi lima kamera terpisah memiliki beberapa manfaat tambahan untuk fotografer profesional. Misalnya, Nokia 9 PureView mampu mengambil dan menyimpan file RAW (DNG), bukan JPEG, yang kemudian dapat dikembangkan pada ponsel itu sendiri atau pada PC.

Selain itu, ponsel ini menangkap kedalaman hingga 1.200 level, yang tidak hanya memungkinkan untuk memunculkan efek bokeh yang mencengangkan tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengubah fokus foto secara beraturan di Foto Google.

Dari segi layar, Layar P-OLED 2:1 berkemampuan HDR10 berukuran 5,99 inci dan berjalan pada resolusi asli 2880×1440 yang dipasang pada smartphone ini menghasilkan kepadatan piksel tinggi hingga 538 PPI. Tampilannya sangat tajam dan kontras, bahkan membuat garis-garis pikselasi tampak hilang dari layar anda secara menyeluruh.

Selanjutnya, dari segi performa, Nokia 9 seri PureView dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 845 SoC high-end yang sama yang dimiliki beberapa pesaingnya. CPU octa-core terdiri dari empat core ARM Cortex A75 berkinerja tinggi yang berjalan hingga 2,8 GHz dan empat core ARM Cortex A55 hemat daya yang berjalan hingga 1,8 GHz.

 

Keunggulan Nokia 9 PureView

Dari seluruh ulasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan mengenai beberapa keunggulan Nokia seri 9 PureView. Smartphone ini memiliki Corning Gorilla Glass 5 sebagai perlindungan layar, memiliki fitur layar Always-On, HDR10, menawarkan resolusi tinggi, menyajikan kerapatan piksel tinggi yang membuat tampilan sangat jernih & cerah, serta menghadirkan aplikasi yang layak & kinerja game yang mumpuni.

Nokia seri 9 PureView juga menghadirkan sistem operasi Android 9.0 (Pie) terbaru; Nokia 9 seri PureView hadir dengan memori internal tinggi 128 GB, ponsel ini memiliki RAM 6 GB yang sangat berguna dalam kinerja multitasking, Ia menawarkan banyak RAM & memori besar, serta memberi Anda Single SIM (Nano-SIM) atau Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Berdasarkan keunggulan dan segala jenis kelengkapan yang sudah disebutkan tersebut, rasanya sudah tidak heran lagi apabila banyak orang yang mengincar smartphone Nokia 9 PureView ini. Apakah anda salah satunya? Tentukan sekarang! untuk artikel teknologi terbaru dapat diakses melalui piwiq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *