Lupa Nomor Virtual Account BPJS

Virtual Account BPJS

Virtual account BPJS atau sering disebut sebagai VA keluarga merupakan nomor referensi yang digunakan untuk membayar iuran pertama BPJS Kesehatan.

Umumnya, nomor VA akan diberikan setelah proses pendaftaran selesai. Pada saat nomor VA telah diterima, peserta harus membayar iuran pertama setelah 14 hari hingga 30 hari sejak nomor diterima.

Nah, jika dulu nomor langsung diberikan pada saat pendaftaran selesai, sistem pembagian yang sekarang ini dikirim via SMS. Jadi, nomor VA akan diberikan melalui nomor hp yang Anda gunakan saat mendaftar.

Penyebab Nomor Virtual Account Tidak Diterima

Permasalahan yang satu ini seringkali dijumpai bagi para peserta yang baru saja melakukan pendaftaran. Terdapat dua alasan kuat yang menyebabkan nomor tidak kunjung diterima.

Pertama, bisa jadi nomor yang digunakan saat mendaftar tidak dalam keadaan aktif atau malah sudah tidak aktif. Kedua, sistem BPJS Kesehatan mengalami gangguan yang menyebabkan nomor VA tidak terkirim melalui SMS.

Jika sudah begini, alangkah lebih baik untuk mengupayakan supaya nomor VA segera didapat.

Apabila tidak, maka akan terjadi kendala yang membuat Anda tidak bisa melakukan pembayaran iuran pertama. Dalam artian, kartu BPJS tidak dapat dicetak.

Solusi saat Nomor Virtual Account Tidak Kunjung Dikirim

Solusi saat Nomor Virtual Account Tidak Kunjung Dikirim

Lakukan hal berikut apabila nomor VA tidak kunjung didapat.

1. Melakukan Panggilan melalui Care Center BPJS 1400500

Cara pertama, Anda dapat melakukan panggilan ke nomor care center BPJS 1400500. Di sini Anda perlu menyiapkan NIK, KTP/KK dan tanyakan keluhan mengenai nomor VA yang tidak kunjung didapat.

Apabila care center BPJS meminta nomor Anda, pastikan untuk memberikan nomor yang masih aktif. Hal ini berguna supaya nomor VA dapat dikirim ulang.

2. Membuat Laporan Pengaduan

Untuk cara yang kedua, Anda dapat membuat laporan pengaduan di situs lapor.go.id. Situs tersebut merupakan situs resmi pemerintah yang dapat Anda gunakan sebagai media informasi dan pengaduan.

Jelaskan mengenai kronologis pendaftaran dan minta informasi virtual account BPJS Anda. Jangan lupa cek laporan Anda, laporan biasanya akan ditanggapi oleh pihak BPJS yang akan memberikan informasi seputar virtual account Anda.

3. Mendatangi Kantor BPJS

Terakhir, apabila cara seperti di atas tidak juga menemukan titik temu, maka Anda harus mendatangai kantor BPJS tempat Anda mendaftar. Silahkan untuk menanyakan perihal nomor VA yang belum juga diterima

Cara Mengatasi Lupa Nomor Virtual Account

Cara Mengatasi Lupa Nomor Virtual Account

Selain dari nomor VA yang tidak kunjung didapat, Berakal juga akan menjelaskan cara mengatasi lupa nomor virtual account.

Perlu diketahui, nomor VA terdiri dari kombinasi kode 5 angka dari bank yang Anda gunakan. Untuk bank BNI, BRI, dan Bank BTN memiliki kode 88888-0, sedangkan bank Mandiri memiliki kode 89888-0. Nantinya, kode tersebut ditambah dengan 10 digit dari belakang nomor BPJS yang Anda miliki.

Jadi, cara paling mudah untuk mengetahui nomor VA yaitu dengan menghilangkan 2 angka 00 dari depan. Lalu, gabungkan dengan kode Bank yang Anda gunakan.

Untuk mempermudah, berikut kami rangkum caranya yang kami ambil dari Berakal.com :

Cara Pertama

Menggabungkan kode bank rekening BPJS dengan 10 digit terakhir nomor kartu. Sebagai contoh, nomor kartunya adalah 0001725711299. Nah, untuk mengetahuinya adalah:

  • BRI: 88888-0-1725711299
  • BNI: 88888-0-1725711299
  • BTN: 88888-0-1725711299
  • Mandiri: 89888-0-1725711299

Cara Kedua

Jika Anda merasa kurang yakin dengan cara pertama, gunakan cara kedua seperti berikut:

  1. Terlebih dahulu, download aplikasi Mobile JKN di smartphone Android Anda.
  2. Selanjutnya, lakukan pendaftaran dengan melengkapi form dan jangan lupa untuk mengisikan email yang masih aktif untuk aktivasi.
  3. Apabila telah menyelesaikan proses pendaftaran, silahkah Login.
  4. Saat aplikasi telah terbuka, pilih menu Tagihan > Cek VA. Nantinya, akan muncul nomor virtual account BPJS.

Itulah cara mengatasi VA BPJS yang tidak terdaftar beserta cara mengetahui nomor virtual account. Jadi, tinggal lakukan cara di atas apabila Anda mengalami kedua masalah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *