Pengertian Factory Reset

pengertian factory reset

Pengertian Factory Reset Memiliki smartphone yang kencang memang menjadi salah satu keinginan bagi setiap orang. Apalagi, dengan penggunaan gadget saat ini semakin banyak dan mereka pun biasanya menggunakan untuk gaming, multitasking dan lain-lain.

Namun bagaimana jika terjadi hang up, lemot, lelet, ataupun sering mati sendiri ? mungkin untuk orang yang memiliki budget banyak bisa membeli lagi. Sementara, untuk yang hidup nya pas-pas an tentu mikir dua kali dalam mengganti hp baru.

Nah, buat kamu yang memiliki masalah tersebut bisa melakukan trik cara hard reset atau factory reset pada smartphone. Ini sangat mudah dan simple untuk dilakukan. Di mana hanya menggunakan tombol perangkat lunak saja.

Apa itu Factory Reset ?

Berdasarkan pengertian factory reset adalah pemulihan ponsel untuk meningkatkan kinerja bekerja lebih cepat. Di mana ponsel ini bakal di reset ulang ke semula seperti pengaturan pabrik.

Reset pabrik adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan penghapusan data pengguna dari perangkat elektronik dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik.

Ini adalah pengembalikan perangkat lunak dan bertujuan mengatur ulang software yang ditemukan di perangkat ke pengaturan pabrikan asli.

Reset pabrik dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa masalah software yang terkait dengan perangkat atau hanya untuk menghapus semua data pengguna dari suatu perangkat.

Reset pabrik juga dikenal sebagai hard reset, factory reset,, atau master reset.

Jika dilihat dari pengertian factory reset ini secara efektif menghapus semua data pengguna, aplikasi pihak ketiga, data aplikasi terkait, dan pengaturan yang ditemukan di perangkat.

Ini mirip dengan memformat ulang hard drive di komputer. Namun, data yang ada di media lain, seperti kartu digital yang aman, tidak terpengaruh oleh pengaturan ulang pabrik.

Factory reset dapat dilakukan dengan banyak cara dan sebagian besar tergantung pada perangkat elektronik.

Dalam beberapa kasus, opsi pengaturan ulang pabrik tersedia dalam menu layanan pada perangkat. Sementara untuk beberapa kasus lain, tombol khusus ditekan atau instalasi ulang perangkat lunak dengan perangkat yang lengkap mungkin diperlukan.

Ada manfaat factory reset tertentu yang terkait dengan pengaturan ulang pabrik. Ini bisa sangat berguna dalam situasi yang mengharuskan penghapusan semua data yang ada pada perangkat.

Seperti sebelum menjual perangkat reset pabrik juga terkadang digunakan dalam situasi pada perbaikan perangkat yang tidak berfungsi, penghapusan virus atau file yang sulit dihapus, membersihkan ruang memori, membersihkan pengaturan dan mengembalikan perangkat ke pengaturan default.

Ini juga dapat membantu dalam memperbaiki masalah kinerja perangkat seperti pembekuan.

Factory Reset adalah tindakan yang harus dilakukan dengan hati-hati, karena dapat menghapus semua data yang disimpan pada perangkat elektronik. Reset pabrik tidak disarankan untuk semua perangkat elektronik atau dalam semua situasi.

Bagaimana cara melakukan factory reset dari menu settings ?

  • Pertama, buka menu Settings.
  • Kemudian buka menu Backup dan reset pada bagian bawah menu Personal.
  • Tap Factory data reset di bagian bawah enu Personal data.
  • Bacalah informasi di layar dan tekan Reset phone.
  • Akan muncul peringatan dan proses ini akan menghapus semua data yang ada di internal smartphone kamu.
  • Ketika smartphone selesai melakukan proses penghapusan, pilih opsi untuk merestrat smartphone kamu.

Itulah diatas yang bisa saya share sedikit ilmu mengenai pengertian factory reset – apa itu factory reset. Selain itu, juga saya telah menjelaskan bahwa factory reset dilakukan jika mengalami masalah pada smartphone kamu. Karena jika tidak, saya tidak menyarankannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *