Pengertian Haji

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh

Salah satu rukun islam yang harus kita ketahui ialah menjalankan ibadah haji, ibadah haji menempati urutan terakhir di dalam rukun islam. Seluruh rukun islam hukumnya wajib untuk dilaksanakan satu persatu dari mulai membaca dua kalimat syahadat hingga menjalankan ibadah haji.

Menjalankan ibadah haji merupakan salah satu dari rukun islam. Ibadah haji tidak bisa dilakukan di setiap tempat atau msjid layaknya ibadah shalat. Ibadah haji secara khusus hanya dapat dikerjakan di tanah suci makkah al-Mukarramah.

Ibadah haji merupakan wajib bagi umat muslim, akan tetapi kewajiban untuk menjalankan ibadah haji tersebut tergantung kepada kondisi orang yang bersangkutan. Maksudnya ialah wajib bila memiliki ongkos yang cukup untuk berangkat dan pulang kembali serta ada biaya untuk selalu hidup di tanah Makkah.

Pengertian Haji

Haji bila dilihat dari segi bahasa adalah menyengaja. Sedangkan bila ditinjau dari segi pengertian syara’ haji adalah menyengaja baitul haram untuk melaksanakan ibadah. Jadi pengertian dari ibadah haji adalah menyengaja datang ke baitul haram untuk melaksanakan ibadah yang dinamakan ibadah haji.

Dalam menjalankan ibadah haji seseorang tidak bisa lepas dari berbagai syarat dan ketentuan yang harus dikerjakan. Seperti halnya shalat, dalam menjalankan shalat terdapat syarat dan rukun-rukun shalat yang tidak boleh ditinggalkan.

Syarat Syarat Wajib Haji

Demikian pula dengan menjalankan ibadah haji terdapat beberapa rukun-rukun haji yang harus dilakukan oleh para jamaah haji. Syarat-syarat kewajiban ibadah haji terdapat tujuh perkara yang apabila tidak dipenuhi maka haji tersebut nantinya menjadi tidak sah. Syarat-syarat kewajiban haji tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Islam. Haji hanya diwajibkan bagi orang islam. Bagi orang non muslim maka tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah haji.
  2. Balligh. Kewajiban untuk menjalankan ibadah haji adalah bagi muslim yang sudah baligh, artinya bia memiliki biaya, kemampuan dan syarat syarat yang lain terpenuhi tetapi ia dalam kondisi masih bayi maka baginya tidak wajib untuk menjalankan ibadah haji.
  3. Berakal. Jelas harus berakal. Bukan hanya untuk ibadah haji saja melainkan setiap ibadah yang hukumnya wajib dalam islam maka salah satu syarat yang ada ialah berakal. Artinya ialah orang yang sudah gila tidak lagi diwajibkan untuk menjalankan ibadah termasuk ibadah haji.
  4. Merdeka. Maksudnya ialah orang yang hendak menjalankan haji tersebut bukanlah seorang budak melainkan orang biasa. Jadi maksud dari merdeka tersebut ialah bukan seorang yang menjadi budak.
  5. Adanya biaya dan kendaraan. Jelas sekali bahwa untuk menjalankan ibadah haji tidaklah seperti shalat yang bisa dilaksanakan di setiap masjid atau tempat-tempat shalat yang disediakan oleh orang-orang. Hajji hanya dapat dijalankan di tanah suci makkah mukarramah maka tent membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
  6. Aman selama dalam perjalanan. Artinya ialah adanya kendaraan yang dapat menjamin keselamatan penumpang calon ibadah haji hingga kembali lagi ke kampung halamannya.
  7. Memungkinkan (mampu) untuk melakukan perjalanan. Maksudnya ialah orang tersebut dalam kondisi sehat jasmani dan rohaninya sehingga mampu untuk melaksanakan serangkaian ibadah haji.

Rukun Rukun Haji

Selain syarat wajib haji yang harus dipahami oleh calon ibadah haji khususnya dan umat islam pada umumnya, terdapat pula beberapa rukun haji yang juga harus diperhatikan dan dipahami oleh kita semua. Berikut beberapa rukun-rukunnya ibadah haji:

  1. Ihram beserta membaca niat
  2. Wuquf di arafah
  3. Thawaf di Baitullah
  4. Sa’i antara bukit Shafa dan Marwa

Itulah beberapa materi yang berkaitan dengan ibadah haji yang kami bahas pada artikel ini apabila penjelasan ini menurut antum kurang lengkap silahkan bisa kunjungi situs nyamankubro.com, yang membahas tentang materi haji dan umroh juga. Semoga bisa dijadikan sebagai pengetahuan yang bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal ‘alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *