Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

apa itu kamera slr

Akhir-akhir ini, cukup banyak orang Indonesia yang tertarik dengan dunia foto, baik itu emang ingin menekuni sebagai fotografer profesional maupun hanya sekadar iseng serta hobi saja.

Dan hal ini membuat anda mencari tahu apa perbedaan SLR dan DSLR. Mungkin untuk pemula akan merasa bingung antara memilih kamera yang bagus.

Masih banyak yang belum tahu bahwa SLR serta DSLR ini memiliki perbedaan, baik dari segi fitur maupun harga. Sebenarnya, dengan perbedaan inilah yang bisa dijadikan acuan Anda untuk memilih manakah kamera yang cocok untuk Anda, SLR atau DSLR.

Dengan tahu perbedaannya maka Anda bisa lebih mudah dalam menyortir kamera terbaik dan yang paling tepat.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

kamera SLR
kamera SLR

1. Cara Kerja Kamera

Yang paling berbeda dari SLR dan DSLR adalah cara kerja kameranya.

Bisa dilihat dari kepanjangannya bahwa SLR memiliki kepanjangan Single Lens Reflex dan mengacu pada Single Lens Reflex serta tak memiliki kata digital seperti DSLR.

Artinya kamera SLR ini mengenakan sistem dalam saat proses pengambilan gambar secara single alias saat jajaran lensa berjalur tunggal.
Kemudian, lensa kamera dari SLR ini akan meneruskan cahaya pada hasil potret melalui lensa yang kemudian menuju dua tempat yang beda, focal plane dan view finder.

Kemudian dengan cara kerja tunggal serta mengandalkan perantara lensa ke dua tempat berbeda, maka membuat hasil foto terlihat sama persis bak objek yang difoto. Kamera ini cocok untuk Anda yang baru mencoba dunia fotografer.

Sedangkan untuk kamera DSLR, proses pengambilan gambar dengan mengandalkan pentaprisma dan mechanical mirror system dan pada saat penerusan cahaya dari lensa ke optical view finder. Kamera DSLR jelas bisa dibilang lebih modern ketimbang kamera SLR.

2. Media Penyimpanan

Untuk kamera sendiri, kamera SLR lebih mengacu dengan pakai media film. Ia belum memiliki teknologi digital sebagai penyimpanan medianya.

Jadi, Anda harus pakai film untuk simpan semua hasil foto Anda. Media penyimpanan yang dipakai oleh kamera SLR yakni film 35 mm dan analog dan harus dicetak secara manual. Serta, hasil foto dari kamera SLR tidak bisa diedit alias hasil foto asli.

DSLR akan menyimpan semua hasil gambar atau hasil tangkapan foto secara digital pakai Memory Card. Kartu memori ini akan jadi tempat penyimpanan foto pun memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Anda pun bisa melihat hasil fotonya terlebih dahulu. Jika memang kurang bagus, Anda bisa langsung menghapus dan potret ulang atau diedit sebelum dicetak.

3. Pencetakan Gambar

Dari media penyimpanannya saja berbeda, maka otomatis perbedaan SLR dan DSLR selanjutnya adalah media pencetakan gambar hasil foto.

Untuk pencetakan gambar, maka hasil foto dari SLR biasanya dicetak dengan pakai negative film atau roll film. Hal ini berbeda dengan DSLR yang akan dicetak dengan pakai printer. Bahkan, media printer foto ini bisa mencetak lebih cepat dari roll film.

4. Jumlah Tombol

Anda bisa melihat pada jumlah tombol kamera yang ada. Apabila di kamera SLR, maka Anda akan temukan tombol yang sedikit.
Sedangkan, pada kamera DSLR ada jumlah tombol yang cenderung lebih banyak. Hal ini juga berpengaruh pada fitur-fitur yang tersedia di kamera SLR dan DSLR itu sendiri.

5. Fitur

SLR memiliki jumlah tombol yang lebih sedikit, dan memang hanya memiliki fitur yang sedikit.
Sedangkan, DSLR memiliki banyak fitur dengan teknolog yang lebih modern dengan mengandalkan teknologi digital, bisa anda atur sesuai dengan keinginan Anda, misalnya seperti setting white & balance, resolusi, preset scenes, dll. Beberapa kamera DSLR pun didukung perekaman video.

6. Perbedaan Bobot

DSLR memiliki berat benda lebih dibandingkan SLR. Yang dimaksud di sini bukan hanya berat saja, melainkan bentuk yang cenderung lebih besar.

Sementara itu pada SLR, cenderung berat namun bentuknya tidak terlalu besar. Jadi, Anda bisa membedakan dari segi bentuk serta berat benda kameranya.

7. Perbedaan Harga

Kamera modern dengan segala kepraktisan dan kelengkapan fiturnya, DSLR mematok harga yang lebih mahal daripada SLR. Hal ini memang wajar, karena kamera SLR juga tidak memiliki fitur yang sekeren DSLR. Nah, untuk harga dan ulasan lengkap mengenai kamera, Anda bisa melihatnya pada situs ini: rekomended.com.

Kini, setelah Anda tau perbedaan SLR dan DSLR, anda bisa menentukan ingin membeli kamera yang mana. Anda pun dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang sesuai dengan milik anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *