Setting APN Telkomsel

Berselancar di dunia maya atau internet merupakan kegiatan yang asik dilakukan, apalagi jika kecepatan internet sedang super cepat, bisa-bisa kita lupa akan aktifitas real life. Namun disisi kita hobi beraktifitas di internet, ternyata internet juga mempunyai dampak positif dan negatif internet nya loh.

Kembali ke topik pembahasan, bagi kamu yang sudah terbiasa browsing atau berseluncur di internet, pasti sudah tahu betul akan keberadaan APN. Jika kamu belum tahu, mari ketahui terlebih dahulu.

Apa Itu APN?

Access Point Name atau biasa kita kenal dengan APN, merupakan suatu fitur gerbang jalur koneksi (gateaway) jaringan dari operator seluler, baik itu pada GSM, GPRS, jaringan seluler 3G atau 4G, jaringan komputer, bahkan Internet. Jadi adanya APN sangat berpengaruh jika kita akan terhubung kesuatu jaringan.

Namun sebenarnya tanpa kita mengetahui APN, kita tetap masih bisa ber-internetan suka riya, karena di Hp kita sudah terdapat pengaturan APN default. Namun, kita tahu sendiri, APN dapat kita rubah-rubah. Jadi tidak salahla jika kita mencoba untuk merubah pengaturan agar mendapati kecepatan internet yang lebih maksimal lagi.

Lantas bagaimanakah cara melakukan pengaturan APN pada Smartphone kita?

Cara Setting APN Telkomsel

Mungkin saatnya kita masuk ke pembahasan utama. Perlu kamu ketahui, pengaturan APN disetiap kartu provider itu berbeda-beda loh. Nah, pada kesempatan kali ini admin khususkan memberi cara setting pada provider telkomsel saja.

Cara Setting APN Telkomsel di Android

Bagi kamu yang menggunakan Smartphone Android untuk mengatur APN nanti. kamu bisa melakukanya sendiri dirumah tanpa harus pergi ke Costumer Service atau tanpa harus ke Grapari Telkomsel.

Untuk menuju menu APN adalah sebagai berikut:

  1. Buka Smarphone Android kamu.
  2. Selanjutnya pergi ke menu Setting.
  3. Setelah itu akan tampil banyak opsi setelan. Silakan kamu cari dan pilih menu setting Kartu ganda dan jaringan seluler.
  4. Setelah berhasil masuk, selanjutnya silakan kamu cari Access Point Names. Namun bagi perangkat Android dengan fitur dual sim, maka kamu harus terlebih dahulu pilih simcard telkomsel sebelum masuk ke setting APN.
  5. Selanjutnya Android siap untuk custom APN.

Cara Setting APN Telkomsel di iPhone

Bagi kamu yang menggunakan Smartphone iPhone, caranya juga hampir sama dengan Android. Hanya saja nama dan tampilan menu nya sedikit berbeda. Langkah-langkah setting APN iPhone adalah sebagai berikut:

  1. Pertama kamu buka layar iPhone terlebih dahulu. Kemudian masuk ke menu setting.
  2. Setelah masuk ke menu setting. Silakan cari dan pilih settingan Cellular.
  3. Lalu kamu pilih Cellular Data Option.
  4. Selanjutnya masuk lagi pada Cellular Data Network.
  5. Nah selanjutnya iPhone kamu siap untuk custom APN.

Cara Setting APN Modem Telkomsel

Selanjutnya bagi kamu yang menggunakan laptop ataupun komputer dan memilih modem sebagai sumber koneksi internet kita. Disini kamu perlu melakukan setting APN terhadap modem tersebut, tentunya agar koneksi internet lebih cepat dan stabil. Cara setting APN pada Modem adalah sebagai berikut:

  1. Pertama pastikan modem kamu sudah terhubung dengan komputer.
  2. Buka aplikasi bawaan modem tersebut.
  3. Selanjutnya masuk ke menu tools atau menu Setting.
  4. Lalu klik Option.
  5. Setelah itu kamu silakan cari menu Profile Management.
  6. Setelah berhasil masuk ke menu Profile Management. Lakukan setting terhadap APN.
  7. Kita bisa mengisi kolom name secara bebas, contoh: APNtelkomsel.
  8. Selanjutnya isi juga pada opsi APN Mode Statik dengan contoh: internet.
  9. Setelah itu masukkan *99# pada Acces Number.
  10. Untuk Username dan Password bisa kamu kosongkan.
  11. Selanjutnya klik Advanced.
  12. Lalu klik pada Authentication Protocol Settings: CHAP.
  13. Selanjutnya klik OK lalu jangan lupa Save.

Nah, demikian ketiga cara setting APN diberbagai perangkat. Setelah kamu sudah paham langkah diatas, sekarang saatnya kamu bisa mencoba daftar pilihan rekomendasi APN Telkomsel di arahtekno.com yang tentunya bisa membuat internetmu cepat dan stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *