Tips Menata Rumah Minimalis

tips menata rumah minimalis

Mempuntyai rumah minimalis terkadang membuat orang berfikir akan kesulitan dalam menata dan mengatur ruangan beserta isinya. Apalagi terkadang rumah minimalis mempunyai luasan yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda.

Disinilah ide kreatif anda dibutuhkan agar rumah yang anda tempati dapat menarik dan tetap lega untuk ditempati walau dengan luas yang terbatas atau bahkan sangat kecil

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menyiasati rumah dengan luasan yang tidak begitu besar agar terlihat lebih luas dari aslinya. Penempatan perabot dan furnitur juga merupakan faktor penting yang akan menentukan keberhasilan anda dalam menata ruangan.

Jika anda juga mempunyai rumah minimalis dan sedang bingung bagaimana anda harus mengaturnya, simak ulasan berikut

Tips Menata Rumah Minimalis 2019

menata rumah minimalis
menata rumah minimalis (unsplash.com)

Selain faktor perabot dan furnitur yang harus anda perhatikan juga tatanan dan pencahayaan dalam ruangan menjadi hal yang penting anda perbaiki.

Berhubung rumah minimalis tidak mempunyai begitu banyak area terbuka maka asupan cahaya dan sirkulasi udara menjadi hal yang penting untuk di siapkan saat anda akan mengatur dan menata rumah minimalis anda agar terlihat lebih luas dari aslinya.

1. Pastikan Pencahayaan Lancar

Rumah minimalis harus selalu mendapatkan asupan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah agar rumah anda terkesan lapang. Jika cahaya terhambat untuk masuk maka kesan yang didapat adalah rumah yang sempit, gelap dan tidak nyaman untuk ditempati. Padahal hanya karena faktor cahaya.

Akan berbeda dengan pencahayaan yang di hasilkan dari lampu, karena tetap berkesan sempit.

2. Tempatkan Cermin pada Dinding Rumah

Dengan menempatkan cermin pada dinding rumah  akan memantulkan cahaya dan barang-barang yang ada di dalam rumah. Cara ini akan membuat rumah terlihat lebih luas karena terkesan ruangan yang lega dengan banyak perabot serta pantulan cahaya yang menjadikan rumah lebih terang.

Cermin juga bisa anda taruh menghadap jendela agar menghasilkan seolah memiliki banyak jendela di rumah.

3. Manfaatkan Setiap Sudut Ruangan

Saat anda menata ruangan dengan menaruh beberapa perabot atau furnitur, pasti anda akan menemui beberapa sisa ruangan pada sudut atau bagian rumah anda. Manfaatkan  setiap sisa ruang yang ada semaksimal mungkin. Mungkin anda bisa menggunakan sebagai pojok membaca, arena bermain  atau taman interior yang bisa menambah keindahan tampilan ruangan di rumah anda

4. Menyatukan Ruangan

Mempunyai rumah minimalis memang membutuhkan ide tersendiri untuk menatanya. Anda bisa mendekatkan antara ruang TV dan meja makan dalam satu lokasi. Ruangan ini mempunyai fungsi yang sama yaitu tempat berkumpulnya keluarga. Baik pada saat makan atau saat santai menikmati sajian acara televisi.

Dengan lokasi yang berdekatan bisa meminimalkan ruang yang ada agar lebih hemat.

5. Pergunakan Perabot Multifungsi

Beberapa furnitur atau perabot yang ada saat ini telah di desain agar mempunyai multi fungsi sehingga memudahkan anda dalam menata ruangan pada rumah minimalis anda, misalnya tempat tidur yang dilengkapi oleh rak penyimpanan pada bagian bawahnya. Anda bisa memanfaatkan sebagai lemari baju sehingga tidak perlu menempatkan lemari pada kamar anda.

Keuntungan dari rumah minimalis adalah perawatan dan pemeliharaan yang simpel dan tidak membuat anda merasa capek. Dengan penataan yang benar dan didukung oleh penggunaan perlengkapan yang baik akan membuat rumah minimalis tetap terkesan luas dan lega.

Maksimalkan semua ruangan yang ada pada rumah anda dengan menggunakannya sebagai tempat yang multi fungsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *