Tips Meningkatkan Kualitas Suara Speaker

tips memperbagus suara speaker

Speaker merupakan peralatan integral audio yang sangatlah penting, dimana kualitas dari audio ini dapat memengaruhi baik buruknya suasana atau dialog yang dilakukan.

Oleh karena itu, memaksimalkan kualitas suara pada speaker haruslah dilakukan, apalagi bila speaker tersebut digunakan untuk acara-acara penting seperti rapat ataupun musyawarah. Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari audio speaker, disini anda bisa menerapkannya bila suara output yang dihasilkan oleh speaker tidaklah memuaskan.

5 Tips Meningkatkan Kualitas Suara Speaker

1. Penempatan Speaker

penempatan speaker

Tips atau cara yang pertama adalah penempatan posisi speaker yang baik dan benar, walaupun terkesan simpel namun hal ini berpengaruh besar terhadap suara yang dikeluarkan. Umumnya speaker akan maksimal bila diletakkan di depan kiri, center speaker, speaker arround sound, dan juga sistem speaker subwoofer.

Dengan memerhatikan posisi ini maka suara yang dihasilkan oleh speaker bisa lebih menyebar ke seluruh ruangan ataupun aula, sangat cocok untuk diterapkan dalam sebuah acara formal seperti rapat, sosialisasi, musyawarah, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Memilih Jenis Speaker yang Tepat

jenis speaker yang bagus

Selanjutnya anda juga perlu memilih speaker sesuai dengan fungsinya, hal ini penting dilakukan mengingat speaker sendiri memiliki banyak jenis dengan kelebihannya tersendiri.

Jenis speaker ini dapat dibedakan menjadi speaker tweeter, speaker woofer, speaker sub woofer, speaker mid range, hingga speaker full range. Sementara itu, jenis speaker lain yang cukup kita kenal ada speaker aktif dan speaker pasif. Perbedaanya terdapat pada amplifier yang digunakan, jika speaker aktif membutuhkan beberapa amplifier terpisah dari speakernya maka speaker pasif kebalikkannya. Dari sisi suara, speaker pasif memiliki tata suara yang lebih besar dan kompleks.

Setiap jenis speaker tersebut dapat menghasilkan frekuensi suara yang berbeda-beda sehingga anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan agar speaker tersebut dapat bekerja secara maksimal saat sedang digunakan.

3. Inter-Koneksi dan Kabel

Jangan lupa juga untuk memerhatikan inter-koneksi dan kabel pada sistem audio, disini kabel pastinya memegang peranan penting dalam menyalurkan listrik atau data ke sebuah speaker.
Semakin bagus kabelnya maka semakin baik pula kualitas suara yang akan dihasilkan oleh sebuah speaker tersebut.

Usahakan pilihlah kabel yang memiliki cover agar lebih awet dan tidak mudah rusak, bahkan bila memungkinkan belilah kabel khusus untuk audio.

Jadinya, kualitas audio bisa semakin keras dan juga semakin halus saat digunakan.

4. Sistem Akustik

Dalam penggunaan speaker sendiri terdapat sebuah sistem yang dapat digunakan untuk memaksimalkan suara yang dikeluarkan, salah satunya adalah sistem akustik yang berguna untuk membuat suara menjadi lebih bersih dan juga jernih.

Penggunaan sistem ini biasanya digunakan agar dialog berupa percakapan bisa semakin jelas, sehingga seluruh orang yang ada di tempat tersebut bisa mendengarkan audio yang lebih jelas lagi.

5. Sistem Sub-Woofer

Selain sistem akustik terdapat juga sistem Sub-woofer, sistem yang satu ini memang seringkali dipakai dalam berbagai acara. Kemampuannya untuk membuat bass audio menjadi lebih empuk menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh sistem ini.

Cara yang digunakan untuk menggunakan sistem ini sebenarnya sangatlah mudah, dimana anda hanya perlu meletakkan subwoofer di sudut ruangan yang tepat.

Suara audio yang dikeluarkan bisa dipantulkan dan bergema dalam ruangan, namun tingkat gema tersebut memiliki intensitas yang tepat sehingga lebih enak dan nyaman untuk didengar. Memaksimalkan kualitas suara pada speaker sebenarnya sangatlah mudah, dimana anda hanya perlu ketelitian serta kesabaran dalam menyetting speaker tersebut. Bagi yang ingin membangun home-theater, subwoofer disarankan banget sebagai barang wajib.

Kuncinya adalah menggunakannya sesuai dengan kebutuhan lapangan seperti dalam ruangan, aula, ataupun di luar ruangan. Dengan memerhatikan ini maka anda bisa membuat audio speaker bisa menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *