Usaha Modal 1 Juta

Usaha Modal 1 Juta

Kebanyakan orang berfikir untuk memuai usaha itu harus memerlkan modal yang besar, padahal itu hal yang salah.

Banyak orang sukses yang merintis usahanya dari 0, yang mungkin mereka menggunakan modal yang kecil bahkan tanpa modal.

Jadi ubahlah persepsi anda tentang membuka usaha itu membutuhkan modal yang banyak. Itu salah, anda bisa menjalan usaha dengan modal kecil kok.

Contoh saja Ibu Susi Pudjiastuti, mantan Mentri Kelautan dan Perikanan RI, beliau berhasil mengusai pelelangan ikan di Pengandaran dengan bermodalkan Rp. 750.ooo. Kemudian mantan buruh bangunan yang sukses menjadi pengusaha dengan bermodalkan minim yaitu Bob Sadino.

Semua orang pasti bisa sukses dalam berusaha, tinggal bagaimana pola pikir kita untuk memanfaatkan keadaan, percuma jika kita punya modal banyak tapi tidak bisa mengelolanya.

Maka dari itu buat anda yang sedang mencari ide bisnis yang berpotensi maju, namun anda hanya memiliki uang kurang dari 1 juta, saya merekomendasikan usaha berikut :

1. Jual Pulsa Elektrik

Saat ini pengguna handphone sangat pesat, banyak orang menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Seperti menelpon, SMS, internet, dan sosial media.

Untuk memanfaatkan semua fitur tersebut akan membutuhkan pulsa, dengan semakin banyak kebutuhan menggunakan handphone semakin banyak pula pulsa yang dibutuhkan.

Walaupun sudah banyak berjejer penjual pulsa, namun anda jangan khawatir, ada banyak strategi yang bisa anda gunakan untuk mengundang pembeli. Anda bisa menjual ke tetangga terdekat terlebih dahulu.

Untuk penjualanannya bisa menggunakan aplikasi di playstore, Kudo, KonterGo atau bisa menggunakan m-banking. Sebaiknya deposit pertama Rp. 500.000, jika sudah ramai anda bisa tambahkan.

2. Jual Makanan Ringan

Menjual makanan merupakan usaha yang dibilang tidak ada matinya, ya karena manusia pasti akan membutuhkan makan selama hidupnya.

Apalagi menjual makanan yang disukai oleh semua kalangan, anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua, pasti akan memiliki pasar yang luas.

Makanan yang biasa digemari oleh semua kalangan yaitu makanan ringan, mulai dari keripik, manisan, kacang-kacangan, pokoknya yang tidak membuat kenyang tapi nagih terus gitu.

Anda bisa menjual berbagai makanan ringan tersebut, dengan modal yang dibutuhkan berkisar Rp. 400 ribu sampai Rp. 1 juta tergantung target produksi dan pasar anda.

Dengan rasanya yang enak dan kemasan yang menarik, saya jamin makanan ringan yang anda jual akan laku keras.

3. Dropshiper

Ide usaha selanjutnya yaitu sebagai dropshiper, saya yakin sudah banyak yang tau tentang apa itu dropship dan bagaimana sistemnya.

Bagi yang belum tau dropship itu apa, dropship adalah proses menjual ulang produk dari suplier dengan mengambil beberapa keuntungan, untuk dropship beda ya dengan reseller, karena dropship tidak perlu memiliki stok barang.

Untuk caranya anda mencari harga produk yang paling murah di berbagai suplier, kemudian anda tawarkan kepada orang lain atau bisa anda posting di marketplace dengan mengambil keuntungan 20-30% atau bisa lebih tergantung kualitas barang dan keadaan harga kompetitor.

Untuk modal yang diperlukan tidak banyak, karena jika ada yang membeli baru anda mengeluarkan modal untuk membeli produknya ke suplier.

4. Freelancer

Apa itu freelancer? Freelancer itu pekerjaan yang tidak terkait kontrak tempat dan waktu. Jadi kita bebas mau bekerja kapan dan dimana sesuai yang kita inginkan.

Untuk freelance sendiri biasanya harus memiliki beberapa keahlian khusus yang harus dikuasai, karena beberapa jenis jasa tidak semua orang bisa lakukan, seperti : penulis lepas, penerjemah bahasa asing, webdeveloper, desain, content writter dll.

Pekerjaan sebagai freelancer kini bisa anda dapatkan secara online, sudah banyak situs yang menyediakan berbagai jasa freelancer. Atau anda juga bisa mencari lowongan yang disediakan oleh perusahaan lokal yang membutuhkan jasa tersebut.

5. Jual Aneka Minuman

Menjual makanan merupakan usaha yang sedang tren masa kini, banyak sekali bermunculan jenis minuman baru.

Mulai dari minuman menyegarkan, minuman kekinian hingga minuman-minuman menyehatkan, anda bisa memanfaatkan peluang ini.

Tentukan jenis minuman apa yang akan anda jual, pilih target market anda, tentukan lokasi dan buatlah toko dan kemasan semenarik mungkin.

Dengan kemasan yang menarik akan memudahkan anda dalam melakukan promosi, untuk penjualan anda bisa lewat online atau membuka booth atau kios.

Tetapi untuk modal 1 juta lebih baik anda menjual produk yang seadanya dulu namun tetap maksimal, misal minuman kesehatan seperti jamu dan minuman diet, atau minuman aneka susu dengan cara diblender, dan lain-lain.

Sebenarnya banyak sekali usaha yang bermodalkan 1 juta, coba anda cari referensi di google, youtube dan media lain. Atau anda bisa menanyakan ke teman-teman anda yang sudah berhasil merintis usaha dari 0 bagaimana pengelolaannya, berapa modalnya.

Dengan begitu anda punya banyak referensi dan sumber dalam berusaha, jadi nggak perlu bingung lagi kan, cukup bermodalkan 1 juta saja sudah bisa memiliki usaha dan berpeluang sukses.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *