4 Destinasi Wisata Terbaik yang Dekat dengan Umbul Sidomukti

Menghabiskan waktu liburan di Semarang akan terasa lebih mengasyikkan jika Anda menyempatkan waktu menikmati keindahan alam di Umbul Sidomukti. Kawasan wisata alam ini menawarkan beragam kegiatan yang menyenangkan, mulai dari berenang, outbound hingga berkuda. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa destinasi wisata alam lainnya yang dekat dengan lokasi Umbul Sidomukti?

Beberapa destinasi wisata yang akan dibahas di bawah ini menawarkan panorama alam yang tidak kalah indahnya dengan Umbul Sidomukti. Lalu, apa sajakah tempat wisata yang dimaksud? Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Tempat Wisata yang Lokasinya Dekat Umbul Sidomukti

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia
Foto By: @estianashf26

Tidak terlalu jauh dari lokasi Umbul Sidomukti, ada sebuah tempat wisata alam yang tidak kalah indahnya. Tempat wisata yang dimaksud itu adalah sebuah taman bunga yang asri dengan hamparan berbagai bunga cantik berwarna-warni. Taman bunga yang dikenal dengan nama Taman bunga Celosia ini juga dilengkapi dengan beberapa miniatur bangunan ikon ternama dunia.

Di taman ini, Anda bisa bebas berfoto dengan latar belakang hamparan bunga dan juga beberapa bangunan ikon dunia dalam bentuk miniatur, contohnya seperti kincir angin khas Belanda, atau menara Eiffel. Harga tiket masuk ke Taman Bunga Celosia ini juga termasuk sangat terjangkau, cukup dengan Rp. 20.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp. 25.000 pada hari Sabtu & Minggu Anda sudah bisa berwisata ke tempat ini.

Grojogan Kleting Kuning

Grojogan Kleting Kuning
Foto by: @inesayufandari

Salah satu tempat wisata alam lainnya yang masih terbilang cukup dekat dari Umbul Sidomukti adalah Grojogan Kleting Kuning. Destinasi wisata ini berupa air terjun tapi bukan sekadar air terjun biasa sebab sesuai namanya yang mengandung unsur warna “kuning” air terjun di tempat ini juga terlihat seperti berwarna kuning.

Semburat warna kuning yang terlihat dari aliran air terjun yang berlokasi di desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini berasal dari belerang yang menempel di dinding air terjun. Namun, uniknya pengunjung tidak akan mencium aroma khas belerang di sekitar lokasi air terjun ini.

Selain terkenal karena keindahannya, Grojogan Kleting Kuning ini juga dikenal karena legenda Ande-Ande Lumut. Konon, air terjun ini adalah tempat pertemuan Panji Asmara Bangun dengan Dewi Sekartaji atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kleting Kuning.

Setiya Aji Flower Farm

Satu lagi taman bunga yang sedang digemari masyarakat sekitar Semarang, lokasinya yang berada di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Semarang ini terbilang cukup dekat dari Umbul Sidomukti. Taman bunga ini dipenuhi berbagai bunga Krisan yang cantik dan berwarna-warni. Harga tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan kebun bunga ini juga cukup murah hanya Rp. 7.500 saja.

Berbagai bunga yang ada di kebun ini bisa Anda beli, namun perlu diingat, bahwa varian bunga Krisan biasanya hanya bisa tumbuh subur di daerah dataran tinggi, sehingga jika dibawa ke kota biasanya tidak bisa bertahan lama. Selain menikmati keindahan berbagai bunga di kebun yang buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB ini, tentunya Anda juga bisa menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang menarik.

Candi Gedong Songo

Foto by: @niken_amandaa

Masih di sekitar lereng Gunung Ungaran, terdapat pula situs bersejarah yang kini menjadi salah satu tempat wisata populer, yaitu Candi Gedong Songo. Tempat ini seperti sebuah kompleks situs bersejarah yang terdiri dari 9 candi dalam lokasi terpisah. Karena berada di dataran tinggi, maka untuk mencapai lokasi Candi ini, Anda terlebih dahulu harus melakukan trekking untuk sampai ke puncak.

Berwisata lereng Gunung Ungaran akan semakin terasa lengkap jika Anda juga menjelajah ke beberapa destinasi wisata lainnya yang ada di sekitar lokasi Umbul Sidomukti. Semakin banyak tempat wisata yang Anda kunjungi akan membuat liburan Anda di Semarang terasa semakin berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *